Dua Titik Terang Misterius Terlihat di Ceres, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dua Titik Terang Misterius Terlihat di Ceres, Ini Penjelasan Ilmiahnya
Planet katai Ceres dengan dua titik terang misterius. Kredit: NASA, ESA
Info Astronomy - Ceres, mungkin terdengar asing bagi orang awam, ia adalah satu-satunya planet katai di Tata Surya Dalam. Ceres merupakan benda langit berbatu dan ber-es dengan diameter sebesar 950 km dan merupakan planet katai terkecil yang pernah ditemukan.

Ada yang menarik di Ceres belakangan ini, yakni ditemukannya sebuah fitur kawah selebar 90 km yang memiliki dua titik terang.

"Titik-titik terang ini sangat mengejutkan dan telah membingungkan para anggota tim dan semua orang yang memelajari Ceres," kata Carol Raymond, Deputy Principal Investigator. "Tim benar-benar bersemangat dengan fitur ini karena dianggap unik di tata surya kita."

Raymond menambahkan bahwa tim akan mengungkapkan apa sebenarnya titik misterius tersebut dalam waktu dekat.

Jadi apa sebenarnya titik terang tersebut? Apakah alien sedang ber-api unggun di sana?

Pertama, menurut Raymond, dua titik terang tersebut terdapat bahan atau material yang sangat reflektif yang mungkin mengandung es atau garam.

Raymond menambahkan bahwa jika fitur terang ini pada akhirnya bakal menjadi air cair, garam kemungkinan besar merupakan elemen yang akan menjaga air dari pembekuan.

Kedua, Raymond mengatakan jika titik terang ini berasal dari sebuah benda di sana yang memantulkan cahaya, cahaya Matahari tentunya, jadi bukan menciptakan cahaya.

Terakhir, dua titik terang ini kemungkinan berasal dari uap air yang berasal dari dua wilayah longitudal di Ceres dan bukti saat ini adalah adanya penguapan atau sublimasi dari es.

Tim memperkirakan bahwa ada sekitar 6 kg uap air yang diproduksi per detiknya pada permukaan planet katai Ceres!

Menurut Anda, apa atau dari mana asal dua titik misterius tersebut?
Dua Titik Terang Misterius Terlihat di Ceres, Ini Penjelasan Ilmiahnya Dua Titik Terang Misterius Terlihat di Ceres, Ini Penjelasan Ilmiahnya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/04/2015 08:49:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.