Bulan & Planet Jupiter Kencan Malam Ini

Bulan & Planet Jupiter Kencan Malam Ini
Letak Bulan dan Planet Jupiter pada malam 29 Maret 2015. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Malam ini - 29 Maret 2015 - bagi Anda yang suka skygazing inilah kesempatan untuk mengamati Planet Jupiter yang bakal nampak bagai bintang paling terang di dekat Bulan.

Bulan dan Jupiter bakal "berkencan" di depan konstelasi Cancer, tidak jauh dari gugus bintang Beehive. Atau jika Anda tidak tahu letak konstelasi Cancer, Anda bisa langsung melihat Bulan di langit atas kepala sekitar pukul 19:00 waktu lokal.

Bulan dan Jupiter akan berada pada letak yang persis dengan ilustrasi di atas. Di Indonesia, kedekatan mereka ini sudah bisa diamati selepas Maghrib hingga tengah malam.

Anda perlu menggunakan teleskop untuk melihat Planet Jupiter. Jika diamati lewat mata tanpa bantuan teleskop, Jupiter hanya akan nampak bagai bintang dengan cahaya kuning yang tidak berkelap-kelip.

Mengapa Jupiter bisa bersinar padahal tidak menghasikan cahaya sendiri? Sebab ia memantulkan cahaya Matahari yang diterimanya ke mata Anda. Konsep yang sama seperti mengapa Bulan bersinar.

Fenomena yang dalam astronomis disebut konjungsi ini tidak akan menyebabkan bahaya atau awal bencana apapun. Ini adalah fenomena astronomis biasa yang hampir tiap bulan kalender terjadi.

Pastikan langit cerah dan bebas polusi saat Anda observasi malam ini. Selamat mengamati!
Bulan & Planet Jupiter Kencan Malam Ini Bulan & Planet Jupiter Kencan Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/29/2015 12:25:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.