Mengunjungi Planet Mirip Bumi Cuma Mimpi?

Mengunjungi Planet Mirip Bumi Cuma Mimpi?
Ilustrasi Planet mirip Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sejak lembaga antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengumumkan delapan planet kembaran Bumi yang dirangkum per Januari 2015, hal ini memicu pertanyaan lain.

Apakah semua planet tersebut layak huni sungguhan atau tidak?

Penelitian akan dilakukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Masalahnya, untuk mengetahui lebih lanjut keadaan planet-planet itu, wajib hukumnya mengunjungi permukaan si planet secara langsung.

Dua planet yang baru ditemukan pada Selasa (6/1) kemarin adalah Kepler-438b dan Kepler-442b. Masing-masing memiliki jarak 470 tahun cahaya dan 1.100 tahun cahaya dari Bumi. [1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer]

"Itu jarak yang sangat jauh," ujar salah satu peneliti NASA, Doug Caldwell, dilansir CNN. "Kita perlu sambangi Mars terlebih dahulu."

Selama ini, para peneliti hanya bisa meninjau planet-planet mirip Bumi melalui instrumen teleskop Kepler milik NASA yang diluncurkan ke orbit Bumi sejak 2009 lalu khusus untuk memburu planet baru.

Sejauh ini, Kepler-438b dilaporkan mengandung bebatuan sekitar 70 persen dan menerima 40 persen cahaya lebih banyak dari Bumi. Sedangkan Kepler-442b memiliki kecenderungan permukaan bebatuan sekitar 60 persen.

Kebanyakan di antara planet kembaran Bumi yang telah ditemukan memang dinyatakan mengandung elemen air dan bebatuan pada permukaan planet.

Selain kendala jarak, ketersediaan peralatan astronomis juga menjadi salah satunya.

Teleskop luar angkasa yang bisa digunakan untuk mempelajari eksoplanet harus memiliki diameter 10 atau 12 meter. Sementara ini, satelit Bumi paling besar berdiameter 10 meter.

Mungkin "cuma mimpi" untuk peradaban manusia saat ini. Tapi di peradaban manusia berikutnya, mengunjungi planet lain seperti silaturahmi ke rumah tetangga.
Mengunjungi Planet Mirip Bumi Cuma Mimpi? Mengunjungi Planet Mirip Bumi Cuma Mimpi? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/19/2015 05:52:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.