Aurora Warnai Langit Norwegia di Malam Pergantian Tahun

Aurora Warnai Langit Norwegia di Malam Pergantian Tahun
Aurora di Birtavarre, Norwegia pada 31 Desember 2014. Kredit: Kristin Berg
Info Astronomy - Malam pergantian tahun 2014 ke tahun 2015 dihiasi kembang api di langit mungkin sudah terlalu mainstream. Di Norwegia, malam pergantian tahun malah dihiasi aurora cantik.

Kristin Berg, sang fotografer "Aurora Tahun Baru" ini mengunggah hasil jepretannya ke akun Flickr-nya. "Selamat tahun baru, teman-teman!" tulis Berg.

Aurora merupakan peristiwa biasa (setidaknya bagi orang Norwegia), peristiwa ini terjadi akibat partikel bermuatan dari Matahari, atau angin Matahari, "mengetuk" atmosfer lapisan magnetosfer Bumi.

Ketika angin Matahari menerpa magnetosfer, partikel-partikel angin Matahari dibelokkan dan tertarik menuju kutub medan magnet Bumi.

Semakin tinggi energi partikel, maka semakin dalam lapisan magnetosfer yang berhasil ditembus olehnya. Aliran partikel yang tertarik ke kutub medan magnet Bumi akan bertumbukan dengan atom-atom yang ada di atmosfer.

Energi yang dilepaskan akibat reaksi dari proton dan elektron yang bersinggungan dengan atom-atom di atmosfer, dapat dilihat secara visual melalui pendar cahaya yang berwarna-warni di langit, atau yang kita kenal sebagai Aurora.

Di kutub utara Bumi, aurora ini disebut sebagai Aurora Borealis, dan di kutub selatan, disebut sebagai Aurora Australis.

Dari penjelasan di atas, secara ilmiah aurora tidak akan pernah bisa muncul di langit Indonesia. Mengapa demikian? Silakan baca ulang artikel ini.
Aurora Warnai Langit Norwegia di Malam Pergantian Tahun Aurora Warnai Langit Norwegia di Malam Pergantian Tahun Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/01/2015 04:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.