Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Sebagian Planet Ekstrasurya Mengorbit Bintang Ganda

Sebagian Planet Ekstrasurya Mengorbit Bintang Ganda
Sebagian Planet Ekstrasurya Mengorbit Bintang Ganda
Ilustrasi suasana langit planet yang mengorbit bintang ganda. Kredit: NRCC
Info Astronomy - Tahu Tatooine? Yup, itu merupakan planet fiksi di film Star Wars pertama, yang memberikan citra klasik planet dengan dua bintang (Matahari) di langitnya.

Di planet tersebut, malam hari mungkin hanya muncul beberapa saat dalam setahun, dan Anda akan merasakan siang hari yang begitu lama di Tatooine.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa planet seperti Tatooine, yang memiliki dua Matahari, banyak terdapat di galaksi kita, galaksi Bima Sakti.

Studi ini berasal dari Southern Connecticut State University, di mana sebuah tim astronom yang dipimpin oleh Elliott Horch menunjukkan 40% hingga 50% planet luar surya di galaksi kita mengorbit sistem bintang ganda (biner).

Teleskop antariksa Kepler milik Lembaga Antariksa AS (NASA) saat sukses dalam memetakan planet ekstrasurya, yaitu planet yang mengorbit bintang selain Matahari, atau planet di luar tata surya kita.

Teleskop antariksa Kepler setidaknya telah mengkonfirmasi sekitar 1.000 planet ekstrasurya. Dan menurut Exoplanet Encyclopedia, ada 1.821 planet ekstrasurya yang dikonfirmasi per 1 September 2014.

Sudah lama diketahui bahwa sistem bintang biner memang banyak di galaksi Bima Sakti, dengan sekitar setengah bintang di langit diyakini terdiri dari dua atau lebih bintang yang mengorbit satu sama lain.

Pertanyaannya adalah, apakah ada planet yang mengorbit sistem bintang biner? Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak studi yang meyakinkan kita untuk menjawab, ya.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.