Kandidat Planet Ekstra Surya Terdekat Bumi Ditermukan!

Ilustrasi kandidat planet ekstra surya terdekat Bumi dan satelit alaminya. Kredit: CfA/David Aguilar
Info Astronomy - Sebuah planet ekstra surya --planet yang berada di luar tata surya kita-- telah berhasil ditemukan pada jarak kurang dari 12 tahun cahaya dari Bumi.

Sementara keberadaannya belum dapat dikonfirmasi, jika planet tersebut benar-benar ada, ia akan menjadi planet ekstra surya terdekat dengan Bumi kita setelah 2000 planet lainnya ditemukan.

Dinamakan Gliese 15, atau juga dikenal sebagai Groombridge 34, adalah plaet yang berjarak 11,7 tahun cahaya di rasi bintang Andromeda.

Bintang induknya disebut Gl 15 A. Seperti yang dilaporkan The Astrophysical Journal, Gliese 15 memiliki massa 5 kali massa Bumi kita.

Sayangnya, planet Gliese 15 ini dikonfirmasi tidak layak huni (untuk manusia). Dengan periode orbit 11 hari, suhu permukaannya diperkirakan di atas 100° C.

Adakah Kehidupan Luar Bumi di sana?
Tim astronom yang dipimpin Dr. Andrew Howard dari University of Hawaii menjelaskan bahwa, planet ini sangat panas karena berada dekat dengan bintang induknya.

Kehidupan seperti manusia mungkin tidak mampu bertahan dari panasnya suhu permukaan planet karena dekat dengan bintang tersebut.

Planet Gliese 15 otomatis tidak berada di zona layak huni bintang. Zona layak huni adalah zona di mana sebuah planet tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.

Dalam zona layak huni, sebuah planet juga harus bisa menjaga air dalam bentuk cair. Seperti Bumi kita.