Matahari Letupkan Suar Surya Selasa Pagi, Bumi Masih Aman

Matahari Letupkan Suar Surya Selasa Pagi, Bumi Masih Aman
Letupan suar surya dari Matahari pada Selasa (26/8) pagi. Kredit: NASA/SDO
Info Astronomy - Saat astronom Lembaga Antariksa AS (NASA) memprediksi bahwa aktivitas Matahari sedang dalam yang terlemah tahun ini, Matahari malah meletupkan suar surya baru pada Selasa (26/8) pagi.

Suar surya atau solar flare yang meletup pagi tadi menurut NASA memiliki level "tingkat menengah". Letupan terjadi tepatnya pukul 08:16 WIB 26 Agustus 2014.

Coronal Mass Ejection (CME) atau bahasa sederhananya partikel bermassa yang diletupkan ada yang mengarah ke Bumi.

Diprediksi CME ini akan mencium atmosfer Bumi pada tiga hari dari sekarang. CME ini hanya akan menganggu jaringan telekomunikasi, tidak akan membakar Bumi karena Bumi memiliki 'pelindung' bernama magnetosfer.

NASA mengatakan suar surya pada Selasa pagi tadi, yang didata oleh Solar Dynamics Observatory, adalah suar jenis M5 kelas X yang sekitar 10 kali lebih kuat daripada kelas-M.

Letupan suar surya pada Matahari ini menyebabkan aurora muncul di kutub Utara Bumi, dan astronot Alexander Gerst berhasil memotretnya untuk Anda:

Aurora akibat dari letupan suar surya pada Selasa (26/8). Kredit: ESA/Alexander G.
Matahari Letupkan Suar Surya Selasa Pagi, Bumi Masih Aman Matahari Letupkan Suar Surya Selasa Pagi, Bumi Masih Aman Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/26/2014 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.