Malam Ini, Okultasi Saturnus Terlihat di Indonesia

Okultasi Saturnus di Australia Barat pada 14 Mei 2014. Kredit: Colin Legg Photography
Info Astronomy - Saat senja pada Senin, 4 Agustus 2014 pengamat langit di Indonesia berkesempatan mengamati peristiwa astronomi yang rugi jika diabaikan.

Okultasi Saturnus! Masih terasa asing tentang istilah okultasi? Okultasi sebenarnya hampir sama dengan transit ataupun gerhana.

Okultasi sejatinya merupakan istilah yang diberikan di mana seorang observer atau pengamat menyaksikan sebuah benda langit “yang tampak lebih besar” melintas didepan benda langit “yang tampak lebih kecil” yang menyebabkan seluruh piringan benda langit “yang tampak lebih kecil” tertutup sempurna.

Lain halnya dengan transit dan gerhana. Transit adalah istilah yang diberikan saat benda langit yang tampak lebih kecil melintas melewati permukaan benda langit “yang tampak lebih besar”.

Sedang gerhana adalah istilah yang diberikan saat benda langit menutupi benda langit lainya di mana antara kedua benda langit tersebut tampak “seolah” memiliki lebar piringan yang sama.

Pada peristiwa okultasi, benda langit yang tertutup tidak hanya planet saja melainkan sebuah bintang, asteroid dan satelit alam lainnya.

Begitu juga benda langit yang menutupi tidak selalu harus Bulan melainkan planet menutupi sebuah bintang, asteroid menutupi sebuah bintang dan bulan menutupi sebuah satelit alami (planet yang memiliki lebih dari 1 satelit).

Untuk okultasi Saturnus malam ini, Saturnus akan ditutupi oleh Bulan seperti pada foto di atas. Anda dapat mengamatinya mulai Matahari terbenam sore ini.

Okultasi Saturnus ini sudah terjadi mulai pukul 16:30 WIB. Kita tidak akan melihat kehadiran Saturnus di langit hingga pukul 17:55 WIB. Ini dikarenakan Saturnus berada di balik Bulan saat kita mulai mengamati setelah Matahari terbenam.

Temukan dulu Bulan, jika Bulan tidak ditemukan maka dapat dipastikan langit daerah Anda mendung atau Anda sedang tidak berada di Bumi.

Peristiwa ini dapat diamati dengan mata telanjang. Namun, untuk mengamati cincin Saturnus dibutuhkan teleskop. Lewat mata, Saturnus hanya nampak bagai bintang kuning keemasan.