Akhir Pekan Ini, Bulan Purnama Terbesar tahun 2014 Muncul

Akhir Pekan Ini, Bulan Purnama Terbesar tahun 2014 Muncul
Bulan Purnama saat perigee. Kredit: Efrem Lukatsky
Info Astronomy - Bulan akan mencapai fase Bulan Purnama dalam beberapa hari mendatang. Dan Bulan Purnama ini merupakan yang kedua pada musim panas 2014, secara tradisional disebut Grain Moon.

Bulan Purnama pada Agustus 2014 ini akan terlihat lebih besar daripada Bulan Purnama lainnya selama tahun 2014.

Hal tersebut disebabkan Bulan akan berada pada jarak terdekat dengan Bumi atau dalam astronomi disebut perigee (kebalikannya: apogee --jarak terjauh Bulan dari Bumi).

Akhir Pekan Ini, Bulan Purnama Terbesar tahun 2014 Muncul
Perbedaan besar Bulan saat di titik perigee dengan apogee. Hanya bisa dibedakan dengan memotretnya.
Bulan Purnama yang bakal terlihat besar disebut Lunar Perigee dalam astronomi, namun dalam astrologi disebut supermoon. Perlu Anda tahu, astronomi dan astrologi tidak berhubungan sama sekali.

Bulan Purnama terdekat ini bisa disaksikan satu jam setelah Matahari terbenam pada 10 Agustus 2014, namun titik perigee dengan Bumi baru dicapai pada 11 Agustus 2014 pukul 01:11 WIB.

Pada saat saat Bulan mencapai fase penuh, ia akan bertengger pada deklinasi -11°10' di konstelasi Aquarius dan berada pada jarak 356.000 kilometer dari Bumi.

Perlu Diketahui
Walaupun dikatakan Bulan akan nampak lebih besar, untuk membedakan besar atau tidaknya adalah membandingkan dengan foto Bulan Purnama yang kita potret sendiri pada Juli 2014. Secara kasat mata, Bulan tidak akan sebesar yang Anda pikirkan sekarang.
Akhir Pekan Ini, Bulan Purnama Terbesar tahun 2014 Muncul Akhir Pekan Ini, Bulan Purnama Terbesar tahun 2014 Muncul Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/07/2014 01:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.