Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Pesona Aurora Borealis di Utara Kanada

Pesona Aurora Borealis di Utara Kanada
Pesona Aurora Borealis di Utara Kanada
Aurora Borealis di wilayah Utara Kanada. Kredit: Kwon, O Chul
Info Astronomy - Matahari melontarkan angin surya dan ledakan partikel bermuatan dari Matahari mengakibatkan beberapa malam di Kanada dihiasi aurora hijau yang mengagumkan.

Foto di atas diambil di kota Yellowknife di wilayah Utara Kanada. Aurora hijau ini terlihat begitu terang. Nampak juga aurora merah di sana. [Baca: Inilah Penjelasan Ilmiah kenapa Warna Aurora Berbeda-beda]

Sebuah video yang diambil secara bersamaan dalam pengambilan gambar di atas menunjukkan aurora yang menari di langit. Para pengamat pun sangat bahagia dengan kemunculan aurora tersebut.

Tempat tinggal berbentuk kerucut pada gambar kanan adalah teepees, sementara 'di balik' Aurora, di tengah foto, adalah rasi bintang Orion.

Aurora ini dinamakan Aurora Borealis, sebab terjadi di wilayah Utara Bumi. Sedangkan untuk wilayah Selatan Bumi disebut Aurora Australis.

Aurora tidak muncul di wilayah ekuator atau khatulistiwa, jadi jangan berharap bisa lihat peristiwa cantik ini di Indonesia.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.