Methone, Satelit Alami Saturnus yang Berbentuk Telur

Citra Methone, salah satu satelit alami planet Saturnus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Mengapa satelit alami ini berbentuk seperti telur yang mulus? Tim astronom NASA telah mempelajarinya.

Wahana antariksa Cassini yang saat ini berada di orbit planet Saturnus menyelesaikan penerbangan pertama melewati satelit alami kecil Saturnus yaitu Methone pada bulan Mei 2012 dan menemukan bahwa Methone tidak memiliki kawah.

Kawah pada obyek luar angkasa seperti satelit alami ini biasanya disebabkan oleh tumbukan batu luar angkasa atau asteroid.

Bentuk halus dan seperti telur satelit alami berdiameter 3 kilometer ini mungkin disebabkan oleh permukaan Methone yang mampu bergeser –sesuatu yang mungkin terjadi di mana Methone dilapisi oleh tumpukan puing-puing asteroid.

Saturnus memiliki 62 satelit alami, dengan 53 di antaranya telah dinamai dan hanya 13 di antaranya memiliki diameter lebih besar dari 50 kilometer.