Methone, Satelit Alami Saturnus yang Berbentuk Telur

Methone, Satelit Alami Saturnus yang Berbentuk Telur
Citra Methone, salah satu satelit alami planet Saturnus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Mengapa satelit alami ini berbentuk seperti telur yang mulus? Tim astronom NASA telah mempelajarinya.

Wahana antariksa Cassini yang saat ini berada di orbit planet Saturnus menyelesaikan penerbangan pertama melewati satelit alami kecil Saturnus yaitu Methone pada bulan Mei 2012 dan menemukan bahwa Methone tidak memiliki kawah.

Kawah pada obyek luar angkasa seperti satelit alami ini biasanya disebabkan oleh tumbukan batu luar angkasa atau asteroid.

Bentuk halus dan seperti telur satelit alami berdiameter 3 kilometer ini mungkin disebabkan oleh permukaan Methone yang mampu bergeser –sesuatu yang mungkin terjadi di mana Methone dilapisi oleh tumpukan puing-puing asteroid.

Saturnus memiliki 62 satelit alami, dengan 53 di antaranya telah dinamai dan hanya 13 di antaranya memiliki diameter lebih besar dari 50 kilometer.
Methone, Satelit Alami Saturnus yang Berbentuk Telur Methone, Satelit Alami Saturnus yang Berbentuk Telur Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/05/2014 01:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.