Badai Matahari Menyerang Bumi, Auroa Hijau Muncul di Finlandia

Badai Matahari di Finlandia. Kredit: Peter Evans
Info Astronomy - Sebuah badai Matahari kelas M meletup dari bagian Tenggara permukaan  Matahari pada 5 Juni 2014.

Badai Matahari ini sampai di Bumi pada 8 Juni 2014 pukul 00:34 WIB. Dan membuat aurora muncul di wilayah sekitar kutub.

Seperti aurora pada foto di atas yang dipotret oleh Peter Evans di Finlandia. Ia memotretnya beberapa jam setelah badai Matahari.

Badai Matahari bukanlah sesuatu yang berbahaya seperti kebanyakan orang awam pikirkan. Fenomena ini sudah biasa terjadi.

Badai Matahari terjadi karena ada gangguan pada permukaan Matahari sehingga Matahari meletupkan partikel bermuatan yang disebut angin surya.

Angin surya ini menyebar ke segala arah, termasuk ke Bumi. Jika angin surya yang diletupkan cukup besar, maka disebut badai surya atau badai Matahari.

Lapisan atmosfer Bumi melindungi seluruh penghuninya dari ancaman badai Matahari. Dalam hal ini, magnetosfer.

Angin surya yang berhembus ke Bumi akan dialihkan ke kutub Bumi, membentur partikel oksigen atau nitrogen dan jadilah aurora. Inilah mengapa aurora tidak muncul di Indonesia.
Badai Matahari Menyerang Bumi, Auroa Hijau Muncul di Finlandia Badai Matahari Menyerang Bumi, Auroa Hijau Muncul di Finlandia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/08/2014 12:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.