Astronot Siap Tonton Piala Dunia 2014 di Luar Angkasa

Astronot Siap Tonton Piala Dunia 2014 di Luar Angkasa
Tiga astronot yang saat ini berada di luar angkasa. Kredit: NASA
Info Astronomy - Di Bumi, para penggemar sepakbola dari negara masing-masing peserta Piala Dunia 2014 akan menonton pertandingan langsung di Brasil atau rumahnya.

Namun, berbeda dengan para astronot yang saat ini bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Mereka akan tonton Piala Dunia dari luar angkasa. Seru ya!

Astronot Reid Wiseman dan Steve Swanson  asal Amerika dan astronot Alexander Gerst asal Jerman akan bersorak untuk tim nasional negara mereka dari ketinggian 360 km di atas permukaan Bumi di dalam ISS.

Para astronot tadi juga sempat mengirimkan pesan khusus semua pemain dan tim saat mereka berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil dari 12 Juni sampai pertandingan final 13 Juli 2014.

Para astronot telah dilatih selama bertahun-tahun untuk bekerja sama sebagai tim yang kompak di luar angkasa, tapi di Piala Dunia mereka mendukung timnas negaranya masing-masing.

Apa lagi di Piala Dunia 2014 Grup G, Amerika Serikat dan Jerman akan saling berhadapan pada 26 Juni 2014 di stadion Arena Pernambuco di Recife, Brasil.

Astronot Reid Wiseman dari NASA dan Alexander Gerst dari European Space Agency (ESA), tiba di ISS pada 28 Mei 2014 dan dijadwalkan pulang pada November 2014 mendatang.

Sedangkan astronot Steven Swanson sudah ada di ISS sejak tanggal 25 Maret 2014 dan bakal kembali ke rumah pada bulan September 2014.

Fakta menarik
Perbandingan ISS dengan lapangan sepakbola. Kredit: NASA
Untuk menyemarakan Piala Dunia 2014 di Brasil, NASA menyajikan grafik yang menunjukkan ukuran relatif dari Stasiun Luar Angkasa Internasional yang dibandingkan dengan lapangan sepakbola.

Seluruh bagian ISS lengkap dengan panel suryanya yang besar lebarnya hampir sama bahkan melebihi ukuran lapangan sepakbola. Besar sekali ya.

ISS menjadi tempat tinggal astronot di luar angkasa dan terdiri dari enam kamar tidur konvensional, memiliki dua kamar mandi, tempat gym dan jendela 360 derajat.

Astronot Siap Tonton Piala Dunia 2014 di Luar Angkasa Astronot Siap Tonton Piala Dunia 2014 di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 6/12/2014 09:53:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.