Live-streaming Melihat Bumi dari Antariksa Kini Tersedia

Live-streaming Melihat Bumi dari Antariksa Kini Tersedia
Pemandangan Bumi dari luar angkasa dilihat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kredit: NASA
Info Astronomy - Pernah berpikir untuk ke luar angkasa untuk sekadar melihat Bumi? Sekarang, kita bisa melihat Bumi sepanjang waktu dari luar angkasa tanpa harus meluncur ke antariksa!

Sebuah percobaan baru yang disebut High Definition Earth Viewing (HDEV) diluncurkan pada tanggal 18 April 2014.

HDEV diletakan di "bagasi" pesawat luar angkasa SpaceX Dragon dan telah berada di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).


Total ada empat kamera video HD. Semuanya kini sudah beroperasi, setelah dipasang pada fasilitas Payload Eksternal modul ESA Columbus kemarin.

Kamera tersebut tertutup dalam kotak bertekanan untuk memberikan perlindungan terhadap peralatan dari radiasi luar angkasa.

Program HDEV ini dirancang oleh mahasiswa Amerika Serikat dan berkerja sama dengan NASA. Para mahasiswa juga membantu membuat desain untuk HDEV.

The HDEV tidak merekam video permukaan Bumi dari ISS, melainkan video yang ditransmisikan ke Bumi secara real-time. Nonton live-streamingnya di sini.

Perlu diperhatikan jika Anda menonton siaran langsung tersebut dan layar gelap, itu berarti ISS berada di belahan Bumi yang malam hari.

ISS mengorbit Bumi pada ketinggian rata-rata 360 kilometer di atas permukaan Bumi. ISS mengitari Bumi 90 menit sekali. Ada 6 astronot dari berbagai negara Eropa dan AS di dalamnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kamera dan peralatan elektronik untuk dinilai kemampuan hardwarenya bagaimana bisa bertahan hidup dan menjaga fungsi untuk waktu yang lama di luar angkasa.
Live-streaming Melihat Bumi dari Antariksa Kini Tersedia Live-streaming Melihat Bumi dari Antariksa Kini Tersedia Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/02/2014 09:41:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.