Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Maret 2014

Kredit: Cory Schmitz
Info Astronomy - Selamat datang di bulan Maret 2014. Bulan kalender ketiga di tahun ini. Pada Februari, kita sudah menyaksikan beberapa peristiwa astronomis yang menakjubkan. Lalu, ada apa saja di Maret 2014?

Catat tanggal-tanggal penting di bawah ini:

1 Maret 2014: Bulan Baru
Bulan berada dalam fase Bulan Baru (New Moon). Bulan tidak akan terlihat dari Bumi karena 'membelakangi' Bumi dari Matahari. Ini adalah malam yang tepat untuk observasi karena tak ada cahaya Bulan.

11 Maret 2014: Bulan di Apogee
Bulan di titik Apogee. Dalam astronomi, Apogee adalah istilah untuk menyebut jarak terjauh Bulan dari Bumi dalam revolusinya terhadap Bumi itu sendiri. Apogee kali ini adalah 405.330 kilometer.

14 Maret 2014: Elongasi tertinggi Merkurius
Merkurius mencapai elongasi fajar tertinggi. Sekitar 27,5 derajat di barat dari Matahari. Ia akan bersinar pada magnitudo 0,1. Dan inilah saat terbaik mengamati Merkurius pada tahun 2014 untuk seluruh dunia.

16 Maret 2014: Bulan Purnama
Bulan Purnama. Fase Bulan Purnama akan dapat diamati mulai pukul 18:00 waktu daerah Anda sampai esok hari (17/3) pukul 6:00. Diprediksi cuaca akan cerah.

17 Maret 2014: Transit Satelit Alami Jupiter
Transit 2 (dua) satelit alami milik Planet Jupiter akan terjadi pukul 04:20-04:30 WIB, sayangnya peristiwa ini hanya terlihat dari Atlantik dan Kanada.

20 Maret 2014: Ekuinoks
Ekuinoks Utara. Planet Bumi akan miring 23,7 derajat ke Utara. Membuat pergantian musim dingin menjadi musim panas di belahan Bumi Utara dan sebaliknya di belahan Bumi Selatan. Terjadi pada 23:57 WIB.

20 Maret 2014: Okultasi Regulus
Okultasi bintang Regulus oleh asteroid 163 Erigone yang bisa diamati di Barat Daya Amerika Serikat dan Kanada pukul 13:07 WIB.

21 Maret 2014: Konjungsi Bulan dan Saturnus
Konjungsi Bulan dengan Planet Saturnus. Di sekitaran wilayah Atlantik Selatan, peristiwa ini akan muncul sebagai Okultasi. Kita bisa melihat Bulan berdekatan dengan Saturnus pada malam harinya.

22 Maret 2014: Elongasi tertinggi Venus
Venus akan mencapai titik elongasi tertinggi, sekitar 47 derajat barat dari Matahari. Yup, beberapa bulan belakangan ini, Venus muncul di Timur saat dinihari sampai Matahari terbit. Pada 22 Maret, kedudukan Venus akan nampak tinggi saat masih pukul 4 dinihari.

27 Maret 2014: Bulan di Perigee
Bulan di titik Perigee. Dalam astronomi, Perigee adalah istilah untuk menyebut jarak terdekat Bulan dari Bumi dalam revolusinya terhadap Bumi itu sendiri. Perigee kali ini adalah 360.300 kilometer.

30 Maret 2014: Black Moon
Black Moon (Bulan Hitam), peristiwa ini adalah peristiwa biasa di mana Bulan berada dalam fase Bulan Baru (New Moon). Disebut Black Moon karena merupakan New Moon yang kedua dalam satu bulan kalender.