Nebula Kepala Monyet yang Merah Muda

Nebula Kepala Monyet yang Merah Muda
'Simpanse' luar angkasa. Klik untuk memperbesar.
Info Astronomy - Seandainya Anda cukup beruntung bisa tinggal di daerah yang hampir tidak ada awan, jangan kuatir!

Anda masih bisa melihat awan yang ada di luar atmosfer Bumi --awan di luar angkasa!

Awan kosmik yang ada di luar angkasa, disebut nebula, sangat berbeda dari awan yang ada di Bumi.

Satu hal pasti, nebula terbentuk dari gas dan debu kosmik, terutama dari gas hidrogen dan helium. Dan awan di luar angkasa atau nebula tersebut bisa merentang beberapa ratus tahun cahaya atau miliar miliar kilometer.

Sama seperti awan yang tampak melayang di langit, nebula juga memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Gumpalan gas penuh warna dan bintang-bintang muda yang ada di foto merupakan penghuni dari Nebula Kepala Monyet.

Nebula Kepala Monyet merupakan awan kosmik yang dikenal sebagai nebula emisi. Gas di dalam nebula emisi ini sangat panas karena bintang-bintang yang baru saja lahir mengisi area di sekeliling mereka dengan teriknya sinar dari partikel panas yang memiliki energi besar.

Mirip dengan sinar Matahari yang menghangatkan Bumi, tapi jauh lebih panas. Bahkan berjuta-juta kali lebih panas!

Nebula emisi biasanya bercahaya merah atau merah muda, karena di dalamnya terdapat banyak sekali gas hidrogen.

Nebula Kepala Monyet ini tidak berwarna merah muda seperti pada foto di atas, warna tersebut tercipta karena dipotret oleh teleskop khusus yang mengumpulkan cahaya inframerah.

Cahaya inframerah, tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Karena itu para astronom menggunakan warna berbeda untuk mewakili cahaya tersebut, agar bisa dilihat oleh masyarakat awam.

Kamu bisa melihat seperti apa seharusnya Nebula Kepala Monyet tampak oleh mata di foto kedua. Warnanya merah muda!

Fakta menarik
Mungkin Anda sudah melihat film Space Chimps, tapi tahukah Anda kalau monyet pernah ke luar angkasa? Dulu sebelum kosmonot pertama, hewan dikirim ke luar angkasa. Monyet pertama diterbangkan ke luar angkasa pada tahun 1949 dan sejak itu ada banyak sekali hewan yang sudah pernah keluar Bumi --kucing, anjing, kelinci, kura-kura, ubur-ubur, laba-laba, katak dan masih banyak lagi!

Disadur dan diterjemahkan dari Space Scoop.
Nebula Kepala Monyet yang Merah Muda Nebula Kepala Monyet yang Merah Muda Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/21/2014 02:10:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.