Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Lihat Bulan yang Bersanding dengan Jupiter Malam Ini

Lihat Bulan yang Bersanding dengan Jupiter Malam Ini
Lihat Bulan yang Bersanding dengan Jupiter Malam Ini
Letak Bulan dan Jupiter malam ini. Kredit: Stellarium Software
Info Astronomy - Jika Anda telah mengamati langit malam beberapa hari terakhir ini, Anda akan menyadari Bulan yang akan masuk fase Bulan Bungkun akan berdekatan dengan planet terbesar di tata surya, Jupiter.

Bulan dan Jupiter akan benar-benar bersanding malam ini di rasi bintang Gemini. Meskipun silau cahaya Bulan, Jupiter akan tetap cemerlang. Ia hanya akan nampak bagai bintang kuning seperti pada gambar di atas.

Tunggu dulu, Jupiter adalah planet terbesar di tata surya, lalu kenapa hanya nampak seperti bintang saja di langit? Ini dikarenakan jaraknya jauuuuuuuuh dari Bumi. Sekitar 4,2 SA (Satuan Astronomi) atau setara 650 juta kilometer.

Walaupun jarak Bumi ke Jupiter mencapai 650 juta kilometer, Jupiter dapat diamati dengan mata telanjang di langit malam yang cerah.

Apakah Anda memiliki teleskop? Cobalah untuk melihat Jupiter lewat teleskop dan temukan empat satelit alami utamanya.

Keempat satelit alami Jupiter tersebut adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Keempatnya hanya bisa diamati dengan bantuan teleskop saja. Jadi, selamat mengamati!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.