Bintang Maharaksasa Kuning Terbesar Sejagad Ditemukan

Bintang Maharaksasa Kuning Terbesar Sejagad Ditemukan
HR 5171 A, bintang maharaksasa kuning terbesar di alam semesta. Kredit: ESO
Info Astronomy - Menggunakan teleskop bernama Very Large Telescope Interferometer (VLTI) milik Europan Space Observatory (ESO), sebuah tim ilmuwan internasional telah menemukan bintang maharaksasa kuning terbesar di semesta.

Bintang yang dinamai HR 5171 A memiliki diameter 1.300 kali diameter Matahari dan jauh lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.

Hal ini membuat ia menjadi bintang maharaksasa kuning terbesar yang diketahui manusia. Ia juga masuk dalam sepuluh bintang terbesar yang diketahui dan cahayanya sekitar satu juta kali lebih terang dari Matahari.

Chesneau Olivier dari Observatoire de la Côte d'Azur di Nice, Prancis, yang memimpin tim. Dia mengatakan, "Observasi ini juga menunjukkan bahwa bintang ini memiliki pasangan yang berjarak sangat dekat."

Ilustrasi HR 5171 A dengan pasangannya, mereka menyerupai kacang raksasa. Kredit: ESO
"Sistem bintang biner ini begitu dekat sehingga mereka bersentuhan satu sama lain dan  menyerupai kacang raksasa," tambahnya.

Jarak bintang HR 5171 A ini sekitar 12.000 tahun cahaya dari Bumi, namun begitu bintang ini bisa diamati di langit malam. HR 5171 A diprediksi akan semakin membesar selama 40 tahun mendatang.
Bintang Maharaksasa Kuning Terbesar Sejagad Ditemukan Bintang Maharaksasa Kuning Terbesar Sejagad Ditemukan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 3/15/2014 01:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.