Wajib Lihat! Daftar Fenomena Astronomi Februari 2014

Info Astronomy
Info Astronomy - Bulan Januari baru saja berlalu, kita kini telah memasuki bulan Februari. Pada Februari, kira-kira ada fenomena astronomi apa? Simak tulisan ini.

8 Februari 2014: Bintang Aldebaran di dekat Bulan
Mulai pukul 19:00 waktu setempat, kita berkesempatan melihat bintang Aldebaran (di rasi bintang Taurus) yang berada 2,3 derajat di kanan Bulan. Mereka bisa diamati dengan mata telanjang selama langit cerah.

10-11 Februari 2014: Planet Jupiter di dekat Bulan
Dua hari ini, Bulan akan melintas di sebelah kanan Jupiter. Bisa mulai diamati pukul 19:00 waktu setempat. Jupiter akan nampak bagai bintang kuning di sebelah Bulan.

12 Februari 2014: Bulan di Apogee
Bulan akan mencapai jarak terjauhnya dengan Bumi atau dalam astronomi disebut Apogee (Lunar Apogee). Jaraknya akan mencapai 406.232 kilometer dari pusat Bumi pada 14:11 WIB (7:11 a.m. GMT).

14 Februari 2014: Bulan Purnama
Bumi akan berada di antara Matahari dan Bulan, maka terjadilah fase Bulan Purnama. Bulan Purnama akan terjadi pada pukul 18:53 WIB (1:53 p.m. GMT). Bulan akan muncul sepanjang malam di langit Bumi. Jika cerah, maka akan muncul juga cincin pelangi di sekitar Bulan yang bernama "Halo Bulan".

15 Februari 2014: Bintang Regulus di dekat Bulan
Mulai pukul 19:00 waktu setempat, kita akan melihat bintang Regulus yang berdekatan dengan Bulan baru saja terbit di langit Timur. Semakin larut malam akan semakin naik kedudukannya.

19 Februari 2014: Bintang Spica, Bulan dan Planet Mars berkonjungsi
Tiga obyek langit, yakni bintang Spica, Bulan dan Mars akan membentuk formasi garis lurus seperti Sabuk Orion. Ketiganya dapat diamati mulai pukul 22:00 waktu setempat, kala itu mereka baru terbit di Timur.

22 Februari 2014: Okultasi Saturnus (saat tengah malam)
Okultasi adalah peristiwa mirip gerhana. Yang membedakan adalah, okultasi hanya berlaku jika ada obyek semesta yang ditutupi atau digerhanai Bulan. Dan okultasi Saturnus ini berari Saturnus akan ditutupi Bulan. Namun, peristiwa ini tidak bisa diamati di Indonesia. Kita hanya akan melihat Saturnus di sebelah Bulan.

26 Februari 2014: Okultasi Venus (saat dinihari)
Sama seperti okultasi Saturnus, okultasi Venus tidak bisa diamati di Indonesia. Kita hanya akan melihat planet Venus yang bersebelahan 0,4 derajat dengan Bulan.

28 Februari 2014: Bulan di Perigee
Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi di Februari adalah pada tanggal 27. Disebut juga Lunar Perigee. Jaraknya saat itu adalah 360,439 kilometer pada 4:53 WIB (21:53 GMT 27 Februari 2014). Saat di jarak terdekatnya ini, Bulan dalam fase Sabit Akhir.

Nah, itulah daftar fenomena langit di bulan Februari 2014. Semoga kita bisa mengamatinya.