Pemandangan Bumi Terlihat dari Mars dan Sebaliknya

Pemandangan Bumi Terlihat dari Mars dan Sebaliknya
Foto Bumi dari Mars, Mars dari Bumi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Robot penjelajah Curiosity yang berada di Mars sejak Agustus 2013 memotret Bumi di langit Mars pada 31 Januari 2014 pukul 17:00 waktu Mars (22:00 UTC).

Citra yang berhasil diambil pasca Matahari terbenam di Mars ini sangat menarik. Karena saat itu jarak Mars-Bumi adalah sekitar 160 juta kilometer. Bumi terlihat kecil bagai bintang biru yang redup.

Saat dipotret Ciriosity, Bumi memiliki magnitudo -2,4, cukup cemerlang diamati dengan mata telanjang oleh penghuni planet Mars (jika ada).

Di Bumi, kita bisa juga melihat Mars, dengan mata telanjang pula. Planet Mars muncul saat larut malam sampai fajar.

Mars terbit di Timur sekitar pukul 23:00 waktu setempat pada awal Februari 2014. Pada akhir Februari, ia akan terbit lebih awal dan lebih cepat terbenam. Mars akan nampak bagai bintang merah yang tidak berkelap-kelip.

Planet Mars sekarang ini berada di rasi bintang Virgo, ia berada di dekat bintang Spica --bintang paling terang di rasi bintang Virgo.

Artikel yang mungkin perlu dibaca:
Lihat 4 Planet dalam Semalam di Februari 2014
Pemandangan Bumi Terlihat dari Mars dan Sebaliknya Pemandangan Bumi Terlihat dari Mars dan Sebaliknya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/10/2014 03:11:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.