Teleskop Hubble Menangkap Citra Bintang yang Akan Meledak

Bintang SBW2007 1. Kredit: NASA, Hubble
Info Astronomy - Teleskop luar angkasa Hubble telah menangkap foto baru yang mencolok dari sebuah bintang yang siap untuk meledak dalam supernova yang dahsyat.

Foto bintang yang dikenal sebagai SBW2007 1 (atau SBW1) yang dipotret Hubble mengungkapkan bahwa bintang tersebut dikelilingi oleh gas yang dihembuskan sendiri. SBW1 terletak lebih dari 20.000 tahun cahaya dari Bumi.

"Bintang itu awalnya 20 kali lebih besar dari Matahari kita, dan sekarang terbungkus dalam cincin pusaran gas ungu, sisa-sisa dari lapisan luarnya," menurut ilmuwan NASA.

Para ilmuwan menduga SBW1 akhirnya akan mati sebagai supernova karena kemiripannya dengan supernova terkenal bernama SN 1987A, bintang yang meledak pada tahun 1987.

Kedua tersebut memiliki kecerahan yang sama, memiliki cincin yang sangat mirip dengan ukuran yang sama dan usia yang sama.

NASA menyatakan, "Pada jarak lebih dari 20 000 tahun cahaya, jika SBW1 meledak maka akan aman-aman saja di Bumi dan tata surya kita. Dan jika kita beruntung mungkin bisa kita amati."