Stephen Hawking: Tidak Ada Lubang Hitam di Alam Semesta

Stephen Hawking. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Profesor Stephen Hawking mengejutkan komunitas ilmuwan dengan klaim radikal yang menyatakan bahwa sesunggunya tidak ada lubang hitam (black hole) di alam semesta ini.

Dalam sebuah artikel yang dirilis Nature, dilaporkan bahwa Hawking - yang juga bertanggung jawab sebagai pencipta teori lubang hitam - menyatakan bahwa ilmu dan pengetahuan tentang hal tersebut telah melenceng jauh selama kurun waktu 40 tahun.

Hawking juga mengklaim bahwa horizon peristiwa yang merupakan sebuah batas tak terlihat, sejatinya juga tidak ada.

"Tidak ada jalan keluar dari lubang hitam dalam teori klasik," kata Hawking seperti dikutip Nature."Teori kuantum, memungkinkan energi untuk memisahkan diri dari lubang hitam," tambahnya.

Apakah Hawking berubah pikiran? Apakah lubang hitam hanya isapan jempol dari imajinasi kolektif kita? Apakah semua teori-teori tentang "alternatif" teori alam semesta itu benar?!

Untungnya tidak.

Stephen Hawking belum berubah pikiran tentang seluruh hal hitam lubang, tapi ia telah menjelaskan fisika paradoks yang kompleks menjadi pusat perhatian, salah satu yang telah menggerogoti jantung teori fisika selama 18 bulan terakhir.