Hari Ini Matahari, Bumi dan Jupiter Satu Garis Lurus

Hari Ini Matahari, Bumi dan Jupiter Satu Garis Lurus
Oposisi Jupiter. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Hari ini (5/1/2014), Matahari-Bumi-Jupiter berada dalam satu garis lurus di tata surya kita. Para astronom menyebut fenomena ini oposisi Jupiter.

Oposisi tahun 2014 ini merupakan oposisi Jupiter paling dekat sampai 2020. Jupiter terbit saat Matahari terbenam, ia bersinar lebih terang dari bintang di langit malam. Muncul di rasi bintang Gemini, dekat bintang Castor dan Pollux.

Fenomena oposisi Jupiter ini tidak akan berdampak negatif bagi kehidupan di Bumi. Anda justru bisa mengamati Jupiter dengan mata telanjang.

Jupiter saat oposisi berjarak hanya kira-kira 600 juta kilometer dari Bumi. Walaupun dekat, kenampakan Jupiter hanya akan seperti bintang saja. Dan inilah saat terbaik untuk mengamatinya!

Fakta menarik
Jupiter selain menjadi planet ternyata juga bintang gagal. Jika ada 80 Jupiter yang dijadikan satu dan mereka bisa beraksi fusi, maka bisa disebut sebagai bintang.
Hari Ini Matahari, Bumi dan Jupiter Satu Garis Lurus Hari Ini Matahari, Bumi dan Jupiter Satu Garis Lurus Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/05/2014 10:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.