Hari Ini Jarak Terdekat Bulan dengan Bumi

Hari Ini Jarak Terdekat Bulan dengan Bumi
Fase Bulan Baru (New Moon). Kredit: In The Sky
Info Astronomy - Hari ini adalah hari di mana Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi. Atau dalam astronomi, ini disebut Lunar Perigee.

Bulan saat ini berada di rasi bintang Aquarius. Jaraknya dari Bumi adalah sekitar 361.863 kilometer.

Ini adalah Lunar Perigee kedua pada Januari 2014, Lunar Perigee yang terjadi dua kali dalam sebulan ini akan terjadi lagi pada Januari 2018.

Walaupun jaraknya paling dekat ke Bumi hari ini, Bulan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena ia dalam fase Bulan Baru.

Jangan berharap untuk melihat Bulan pada tanggal 30 Januari 2014 dengan mata.

Pada fase Bulan Baru, Bulan 'bersembunyi' di silau Matahari sepanjang hari ini. Namun, jika Anda berada di Bulan dan melihat ke arah Bumi saat ini, Anda akan melihat Bumi secara penuh atau Bumi Purnama.

Waspada air laut pasang
Akankah pasang air laut lebih besar dari biasanya? Ya, saat fase Bulan Baru (dan Bulan Purnama), Bulan dan Matahari akan membuat air laut pasang yang lebih besar dari biasanya, apa lagi saat Lunar Perigee seperti ini.

Pasang air laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairan atau samudera yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi Bulan dan Matahari. Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi: laut, Matahari, dan Bulan.

Pasang laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan dan mengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang, sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalam navigasi pantai.

Periode pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya. Panjang periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan ringan hingga deras di seluruh wilayah Indonesia hari ini (30/1) dan besok (31/1) akibat dari dampak Lunar Perigee.
Hari Ini Jarak Terdekat Bulan dengan Bumi Hari Ini Jarak Terdekat Bulan dengan Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/30/2014 01:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.