FOTO: Bayangan Bumi di Austin, Texas

FOTO: Bayangan Bumi di Austin, Texas
Bayangan Bumi di Austin, Texas. Kredit: Ashley Young
Info Astronomy - Seperti apa sih Bayangan Bumi itu? Anda bisa melihatnya pada foto di atas yang nampak sebagai garis biru keabu-abuan di cakrawala Timur. Atau Anda mungkin melihatnya menutupi wajah Bulan selama gerhana Bulan terjadi.

Untuk melihat bayangan Bumi secara langsung, Anda dapat melihatnya di langit arah Timur saat Matahari terbenam di Barat.

Bayangan Bumi berwarna biru keabu-abuan yang mencolok, dan itu lebih gelap dari biru langit senja. Sedangkan warna merah muda di atas bayangan Bumi disebut Belt of Venus.

FOTO: Bayangan Bumi di Austin, Texas
Bayangan Bumi, Belt of Venus, dan biru langit senja. Kredit: Birgit Boden
Bayangan Bumi cukup tinggi dan luas, Anda mungkin harus memutarkan kepala untuk melihat semua bagiannya.

Lihat bayangan Bumi selama Gerhana Bulan
Bayangan Bumi meluas ke luar angkasa bahkan sampai menyentuh Bulan. Itulah yang menyebabkan terjadinya gerhana Bulan, saat Bulan berada di wilayah bayangan Bumi (yang disebut umbra).

Ketika Matahari, Bumi dan Bulan sejajar di luar angkasa, dengan Bumi di antara Matahari dan Bulan, maka bayangan Bumi jatuh pada wajah Bulan. Lalu orang-orang di Bumi melihat bayangan secara bertahap mengubah Bulan menjadi gerhana.
FOTO: Bayangan Bumi di Austin, Texas FOTO: Bayangan Bumi di Austin, Texas Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/23/2014 06:55:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.