Bumi Masih Diterpa Badai Matahari Hari Ini, 8 Januari 2014

Aurora terbentuk pada 8 Januari 2014 saat badai matahari. Kredit: Chad Bakley
Info Astronomy - Badai Matahari besar (kelas X1,0) meletup Rabu 8 Januari 2014 dinihari tadi tepatnya pukul 01:32 WIB, bersumber dari bintik Matahari AR 1944 yang tepat berhadapan dengan Bumi.

Badai diawali dengan letupan magnetik yang disusul pelepasan massa korona seperti teramati satelit SOHO dan SDO.

Menurut NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), guyuran proton dan elektron berenergi tinggi produk badai Matahari ini memiliki skala S2 (menengah).

Dengan imbas biologisnya adalah resiko paparan radiasi bagi penumpang pesawat jarak jauh khususnya dengan lintasan penerbangan di dekat lingkar kutub akibat peningkatan jumlah partikel radiasi di batas troposfer-stratosfer.

Sementara terhadap sistem medan magnet Bumi, badai Matahari ini diperkirakan akan menghasilkan Kp-index 7, yang setara dengan badai geomagnetik berskala G3 (kuat).

Kombinasi guyuran proton dan elektron berenergi tinggi dengan badai geomagnetik berskala G3 bisa berimbas pada gangguan singkat dalam komunikasi radio frekuensi tinggi dan navigasi berbasis satelit. Imbas lainnya, aurora akan cukup benderang.

Ya, seperti pada foto di atas, aurora hijau muncul di National Park, Swedia pada 8 Januari 2014. Foto tersebut diambil oleh fotografer Chad Bakley dengan Nikon D600, paparan 60/10, f/2.8, ISO: 1600.

Catatan: Potensi gangguan dan imbas yang tertulis di atas, termasuk aurora, hanya akan terjadi di daerah lingkar kutub, bukan di Indonesia. Badai Matahari tidak berdampak pada cuaca!