Bulan Purnama Mini Muncul Malam Ini

Bulan Purnama Mini Muncul Malam Ini
Bulan Purnama dan lampu mercusuar di Inggris. Kredit: John Schoman
Info Astronomy - Bulan bakal memasuki fase Bulan Purnama malam ini, 16 Januari 2014, dan menjadi Bulan Purnama pertama tahun 2014 ini.

Seperti Bulan Purnama biasanya, Bulan akan lebih terang daripada fase lainnya, dan juga akan terlihat sepanjang malam karena ia terletak hampir tepat di seberang Matahari di langit. Bulan Purnama malam ini disebut Wolf Moon.

Bulan Purnama malam ini juga spesial. Selain menjadi Bulan Purnama pertama di tahun 2014, malam ini Bulan juga akan berada di apogee -- jarak terjauh Bulan dengan Bumi.

Jaraknya 406.000 kilometer jauhnya, membuat ia terlihat kecil di langit malam ini dan disebut Minimoon atau Micromoon. Walau terlihat kecil, untuk membedakannya secara detil harus menggunakan teleskop.

Malam ini Bulan Purnama akan terletak pada deklinasi +16°07'di konstelasi Gemini, sehingga akan terlihat di semua wilayah Bumi yang berada di 63° Lintang Selatan.

Bulan Purnama dapat diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Selamat mengamati!
Bulan Purnama Mini Muncul Malam Ini Bulan Purnama Mini Muncul Malam Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/16/2014 04:04:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.