Temukan Rasi Bintang Orion dan Lihat Galaksi Bima Sakti

Temukan Rasi Bintang Orion dan Lihat Galaksi Bima Sakti
Rasi bintang Orion terbit pukul 19.30 waktu setempat. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Malam ini, Anda dapat menemukan salah satu dari rasi bintang paling terkenal di musim dingin -- Orion si Pemburu -- ditambah juga bisa melihat Bima Sakti.

Rasi bintang Orion dapat dilihat dari kota-kota seperti Jakarta sekalipun. Namun untuk melihat Bima Sakti, Anda harus berada di daerah yang langitnya benar-benar bebas dari polusi udara dan jauh dari cahaya.

Pada awal Desember 2013, rasi bintang Orion terbit di ufuk Timur sekitar 19.30 waktu lokal. Sedangkan pada akhir Desember nanti -- atau awal musim dingin -- Orion terlihat pada malam hari atau sore hari.

Pemandangan galaksi Bima Sakti adalah sebuah bentangan berwarna redup, untuk yang tinggal di perkotaan akan sangat sulit melihatnya. Jika Anda seorang fotografer, Anda bisa memotretnya. Lihat caranya di sini.

Temukan Rasi Bintang Orion dan Lihat Galaksi Bima Sakti
Pemandangan galaksi Bima Sakti di Yogyakarta, Indonesia. Kredit: Danang Dwi Saputra
Tiga bintang berjejer di langit malam adalah Sabuk Orion, Sabuk Orion merupakan bagian dari rasi bintang Orion. Nama-nama bintang di Sabuk Orion adalah Alnilam, Alnitak dan Mintaka.

Karena begitu banyak orang yang sudah akrab dengan kenampakan Orion, rasi ini adalah titik 'lompatan' yang bagus untuk menemukan bentangan galaksi Bima Sakti seperti foto Danang di atas.

Selamat mengamati!
Temukan Rasi Bintang Orion dan Lihat Galaksi Bima Sakti Temukan Rasi Bintang Orion dan Lihat Galaksi Bima Sakti Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/01/2013 10:56:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.