Temukan Nova Centauri 2013 Malam Ini

Letak Nova Centauri 2013. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Ledakan bintang atau Nova yang ditemukan oleh John Seach asal Australia pada 2 Desember 2013 ternyata bisa diamati dengan mata telanjang.

Ledakan bintang tersebut bernama PNV J13544700-5909080 alias Nova Centauri 2013. Magnitudo semu saat ditemukannya adalah +5,5 dan saat ini sudah semakin cemerlang hingga magnitudo +3,6.

Nova Centauri 2013 sesuai simulasi yang kami lakukan dengan software Stellarium bisa mulai terlihat pada pukul 04.00 waktu setempat daerah Anda. Ia akan terlihat di arah langit Selatan.

Tepatnya di rasi bintang Centaurus, Nova Centauri 2013 ini menjadi objek yang menarik untuk diamati. Selagi langit cerah, kesempatan untuk mengamatinya cukup dengan mata telanjang saja.

Nova Centauri 2013 terletak 1,5 derajat arah Barat bintang Hadar, seperti pada gambar di atas. Bintang Hadar merupakan bintang tercemerlang kedua di rasi bintang Centaurus.

Secara kasat mata, Nova Centauri 2013 ini akan terlihat sebagai bintik cahaya biasa saja mirip bintang-bintang pada umumnya. Berbeda dengan teleskop, bintik cahaya tadi akan lebih cemerlang.

Jangan lupa potret Nova Centauri 2013 jika Anda berhasil menemukannya. Good luck!