Lihat Bulan Sabit Berdekatan dengan Venus Malam Ini

Bulan sabit dengan sinar dari Bumi. Kredit: Abhijit Juvekar
Info Astronomy - Lihat Bulan sabit muda di dekat planet Venus malam ini. Anda akan menemukan mereka berdua di langit Barat mulai sekitar 30 menit (atau lebih cepat) setelah Matahari terbenam.

Bulan dan Venus akan dengan mudah ditemukan, terlebih lagi planet Venus akan mencapai puncak kecerlangannya pada 6 Desember 2013.

Waktu terbaik untuk mengamati Bulan atau Venus melalui teleskop adalah pada sore hari lebih awal. Malam ini, piringan Venus akan disinari sekitar 28% dari keseluruhan piringannya jika diamati dari Bumi.

Anda sebetulnya tidak membutuhkan alat bantu untuk melihat keduanya. Cukup dengan mata telanjang. Venus akan nampak bagai bintang kuning keemasan di langit, dan ia tidak berkelap-kelip seperti halnya bintang.

Foto di atas adalah Bulan pada 1 Desember 2013. Anda akan melihat Bulan yang tidak jauh berbeda seperti foto ini, tetapi dengan sabit yang semakin 'gemuk'.