Kapan Seluruh Anggota Tata Surya Kita Sejajar?

Kapan Seluruh Anggota Tata Surya Kita Sejajar?
Tata surya sejajar (ilustrasi). Kredit: Zoom While
Info Astronomy - Kapan terakhir kali seluruh anggota tata surya kita sejajar? Sejajar dalam artian satu garis lurus terhadap Matahari. Dan kapan akan sejajar lagi?

Ketika astrolog berbicara tentang planet yang sejajar (sesuatu yang tidak penting untuk astronom) mereka akan menganggap seluruh tata surya dalam kehancuran. Padahal tidak sama sekali.

Salah satu perhitungan kesejajaran yang dilakukan astronom di University of Texas seperti diberitakan VOA (20/12), menunjukkan bahwa kesejajaran tersebut terakhir adalah pada 561 SM.

Kesejajaran tata surya berikutnya akan terjadi di tahun 2854. Tata surya kita diperkirakan akan sejajar setiap 500 tahun.

Apa yang terjadi saat tata surya sejajar?
Pasti kita semua masih ingat berita bohong yang tak dapat dibuktikan tentang tata surya yang sejajar pada 21 Desember 2012. Dalam kabar bohong tersebut, dinyatakan Bumi akan gelap karena tata surya sejajar. Ini dikarenakan sinar Matahari ke Bumi ditutupi Venus.

Lucu ya. Planet Venus yang sering kita amati setiap senja di langit Barat Daya, hanya nampak kecil bagai bintang biasa. Mana mungkin bisa menutupi piringan Matahari yang sebesar bola ping-pong di langit?

Sebuah dogma yang selama ini beredar di pikiran masyarakat awam adalah planet-planet di tatasurya memiliki jarak yang sangat dekat.

Sehingga dalam sebuah gambar maupun animasi saja (seperti gambar di atas) seolah Venus dan Bumi sangat dekat dan potensi sekali jika Venus melintas di depan Bumi akan terjadi gelap yang gelapnya melebihi gerhana matahari.

Kesejajaran tata surya tidak akan sejajar secara sempurna, ini karena orbit plane-planet yang tidak satu garis lurus dengan yang lain. Jadi, jika terjadi kesejajaran, tidak akan ada dampak negatif yang terjadi di Bumi.
Kapan Seluruh Anggota Tata Surya Kita Sejajar? Kapan Seluruh Anggota Tata Surya Kita Sejajar? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/22/2013 10:00:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.