Hujan Salju di Vietnam, Bagaimana Jika di Indonesia?

Hujan Salju di Vietnam, Bagaimana Jika di Indonesia?
Turun salju di Lao Cai, Vietnam. Kredit: BBC.co.uk
Info Astronomy - Seperti yang diberitakan sebelumnya, salju yang turun di wilayah Timur Tengah ternyata dikabarkan juga turun di Vietnam, negara Asia Tenggara tetangga Indonesia.

Ini mengejutkan. Sebab letak geografis Vietnam tidak jauh dari ekuator tetapi terjadi hujan salju di sana. Diberitakan BBC (16/12), hujan salju ini muncul di wilayah utara Vietnam, di daerah bernama Lao Cai.

Bagaimana jika di Indonesia juga kebagian hujan salju dari cuaca aneh ini? Berikut fakta-fakta menariknya (yang mungkin lebih banyak negatifnya).

1. Satwa asli Indonesia punah secara keseluruhan
Anjloknya suhu di bawah nol derajat saat terjadi hujan salju dapat berdampak buruk bagi satwa asli Indonesia. Sebab mereka terbiasa hidup di daerah tropis, jika turun salju maka akan ada kepunahan masal.

2. Krisis pangan
Sudah dipastikan padi tidak akan tumbuh di ladang bersalju, bukan hanya padi tapi sayur-sayuran, dan tumbuh-tumbuhan banyak yang mati akibat suhu yang tidak sesuai.

Bahkan perternakan pun tidak akan dapat bertahan pada musim salju, sehingga mengakibatkan beras dan sembako langka di pasaran.

3. Padamnya listrik
Seperti yang kita tahu, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) tidak akan lagi berfungsi saat turun salju di Indonesia secara tiba-tiba. Ini dikarenakan sumber tenaga airnya yang membeku akibat anjloknya suhu udara sekitar.

4. Jatuhnya korban jiwa
Jika turun salju secara tiba-tiba di Indonesia, tentunya banyak orang-orang yang tidak siap. Orang-orang yang tidak siap tadi bisa mati kedinginan di suhu yang ekstrim.

5. Hancurnya rumah-rumah
Pondasi rumah di Indonesia yang tidak kuat menahan beratnya salju bisa rata dengan tanah. Berbeda dengan rumah di negara-negara yang sudah terbiasa dilanda musim dingin bersalju.

Itulah 5 fakta yang dapat dipikirkan dengan logis jika turun salju di Indonesia. Dampak lainnya adalah, pemandangan langit malam akan terganggu.

Jika di musim hujan saja sudah sulit untuk melihat Bulan atau Matahari, bagaimana dengan musim dingin bersalju? Syukuri apa yang sudah kita rasakan sekarang.
Hujan Salju di Vietnam, Bagaimana Jika di Indonesia? Hujan Salju di Vietnam, Bagaimana Jika di Indonesia? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/18/2013 07:25:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.