Cantiknya Galaksi M101

Cantiknya Galaksi M101
Galaksi M101. Kredit: NASA
Info Astronomy - Salah satu entri terakhir di katalog terkenal Charles Messier, berukuran besar, galaksi spiral indah M101 jelas bukan yang paling kecil.

Mencakup sekitar 170.000 tahun cahaya, galaksi ini sangat besar, hampir dua kali ukuran Galaksi Bima Sakti milik kita.

Galaksi M101 juga salah satu nebula spiral asli yang diamati dengan teleskop besar abad ke-19 milik Lord Rosse, Leviathan dari Parsontown.

Sebaliknya, pandangan mulitwavelength (red: gambar di atas) dari pulau besar alam semesta ini adalah gabungan dari gambar yang direkam oleh teleskop ruang angkasa di abad 21.

Warna dikodekan dari sinar-X hingga ke gelombang inframerah (energi tinggi ke rendah), data gambar diambil dari Chandra X-ray Observatory (ungu),Galaxy Evolution Explorer (biru), Hubble Space Telescope (kuning), dan Spitzer Space Telescope (merah).

Sementara data sinar-X melacak lokasi jutaan derajat gas di sekitar M101 tempat bintang meledak, bintang neutron dan lubang hitam sistem bintang biner, data energi yang lebih rendah menunjukkan bintang-bintang dan debu yang membentuk lengan spiral besar M101.

Juga dikenal sebagai galaksi Pinwheel, galaksi M101 terletak di dalam batas-batas dari konstelasi Ursa Mayor utara, sekitar 25 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi kita.
Cantiknya Galaksi M101 Cantiknya Galaksi M101 Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/09/2013 07:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.