Alam Semesta Kita Adalah Hologram?

Alam Semesta Kita Adalah Hologram?
Ilustrasi. Kredit: Universe Today
Info Astronomy - Peneliti asal Jepang, Yoshifumi Hyakutake, menyuguhkan sebuah bukti bahwa alam semesta tempat kita hidup mungkin hanya sebuah hologram.

Bukti yang disuguhkan oleh Hyakutake dari Ibaraki University ini sangat menarik. Dan gagasan bahwa semesta hanya sebuah hologram pertama kali diungkapkan pada tahun 1997 oleh Juan Maldacena.

Dalam gagasan Maldacena, semesta terdiri atas senar (string) yang sangat tipis dan bergetar, yang kemudian memunculkan gravitasi.

Dunia "senar" yang rumit itu eksis dalam 9 dimensi, ditambah dimensi waktu. Namun, dunia itu cuma proyeksi dari semesta dengan dimensi rendah.

Semesta "nyatanya" lebih sederhana dan datar. Mencoba menjelaskan secara lebih sederhana, Kostas Skenderis dari University of Southampton mengatakan bahwa semesta mirip hologram di kartu kredit.

"Ide ini sama dengan hologram biasa di mana citra 3 dimensi disandi pada permukaan dua dimensi, seperti hologram di kartu kredit," katanya.

Hyakutake melakukan perhitungan komponen-komponen lubang hitam, seperti energi internal lubang hitam, horison peristiwa (batas antara lubang hitam dan bagian semesta lainnya), dan lainnya.

Sementara itu, Hyakutake juga melakukan perhitungan energi internal kosmos tanpa gravitasi. Hasil perhitungan cocok, mendukung gagasan Maldacena.

Menanggapi riset Hyakutake, Leonard Susskind, fisikawan teoretik di Stanford University di California mengatakan bahwa perhitungan Hyakutake benar.

Susskind mengatakan, memang kebenaran di sini baru kebenaran dalam perhitungan. Namun, hasil riset ini semakin mendekatkan manusia pada gagasan Maldacena.
Alam Semesta Kita Adalah Hologram? Alam Semesta Kita Adalah Hologram? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/15/2013 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.