Ada Ledakan Bintang di Langit Selatan

Ada Ledakan Bintang di Langit Selatan
Nova Centauri. Kredit: Remanzacco
Info Astronomy - Sebuah peristiwa ledakan bintang (nova) kembali terdeteksi, kali ini ada di langit arah selatan, tepatnya rasi bintang Centaurus.

Ledakan bintang ini ditemukan oleh Pemburu Nova bernama John Seach asal Australia. Ia menemukan ledakan bintang yang bernama PNV J13544700-5909080 alias Nova Centauri 2013 pada malam 2 Desember 2013.

Jangan berpikiran ia menggunakan alat-alat canggih untuk menemukan ledakan bintang ini, ia hanya menggunakan DSLR. Bagaimana caranya?

Sebelumnya, John memiliki arsip foto pada arah langit yang sama, arah langit selatan, rasi bintang Centaurus atau dekat dengan bintang Hadar.

6 hari berikutnya, 2 Desember 2013, setelah memotret, ia kembali memotret area yang sama. Dan ditemukanlah sebuah ledakan bintang yang tidak ia sangka sebelumnya.

Ada Ledakan Bintang di Langit Selatan
Perbandingan foto sebelum dan sesudah ledakan bintang. Kredit: Remanzacoo
Dengan penemuan ini, ia telah melaporkan ke IAU Central Bureau for Astronomical Telegrams, keesokan harinya tim IAU langsung mengamati dan meresmikan penemuan Nova oleh John tersebut.

Cara mengamati Nova Centauri 2013
Untuk mengamati Nova Centauri 2013 temuan John Seach, bangunlah sekitar pukul 03.00 dinihari, amati langit selatan hingga terbitnya Matahari dan temukan rasi bintang Centaurus. Ada baiknya menggunakan peta langit.

Nova Centauri 2013 akan terlihat di 1,5 derajat arah barat bintang Hadar, bintang kedua terterang di rasi tersebut, dengan Koordinat RA 13h 54m 45s dan Deklinasi —59° 09.1′.

Karena magnitudo semunya yang cukup redup yaitu 4,7 atau 4,6 disarankan pengamatan dilakukan menggunakan binokuler atau teleskop.

Namun jika anda ingin memotretnya dengan menggunakan kamera DSLR, dengan lensa standar 18-55mm, eksposure 30 detik dan kondisi langit cerah – nova sudah dapat terdeteksi.

Jika langit cerah tanpa awan dan bebas polusi udara dan cahaya, Nova akan mudah terlihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu.

Selamat mengamati!
Ada Ledakan Bintang di Langit Selatan Ada Ledakan Bintang di Langit Selatan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/05/2013 11:37:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.