Teleskop Antariksa Hubble Meneliti Gugus Misterius M15

Gugusan bintang M15. Kredit NASA/ESA Hubble
Info Astronomy - Teleskop antariksa Hubble milik NASA dan ESA telah menangkap citra terbaik dari gugus bola Messier 15 (M15), sebuah pertemuan bintang-bintang tua yang mengorbit pusat Bima Sakti.

Gugus ini berkilauan karena berisi lebih dari 100.000 bintang dan diindikasikan gugus bola ini adalah tipe yang menyembunyikan lubang hitam di pusatnya.

Tampilan berwarna-warni ini adalah sekelompok bintang yang dikenal sebagai Messier 15, yang terletak sekitar 35.000 tahun cahaya di konstelasi Pegasus. Adalah salah satu gugus bola tertua yang dikenal, dengan usia sekitar 12 miliar tahun.

Bintang biru panas dan bintang emas dingin terlihat berkerumun bersama-sama dalam citra di atas. Messier 15 adalah salah satu gugus bola terpadat diketahui, dengan sebagian besar massa terkonsentrasi pada intinya.

Para astronom mempelajari Messier 15 melalui Hubble pada tahun 2002 dan menemukan sesuatu yang gelap dan misterius bersembunyi di jantungnya.

Messier 15 bisa jadi pengoleksi bintang neutron gelap atau lubang hitam massa menengah. Dari dua kemungkinan itu, lebih mungkin bahwa Messier 15 memiliki sebuah lubang hitam di pusatnya, seperti halnya gugus bola Mayall II.

Lubang hitam massa menengah diperkirakan terbentuk dengan baik dari penggabungan beberapa lubang hitam bintang-massa yang lebih kecil atau sebagai hasil dari tabrakan antara bintang-bintang besar dalam kelompok padat di pusat.

Messier 15 juga dikenal sebagai rumah para nebula planeter. Nebula ini terlihat sebagai obyek biru cerah di sebelah kiri dari pusat gugus bola Messier 15.