NASA Sukses Luncurkan Misi ke Mars, Apa Tujuannya?

NASA Sukses Luncurkan Misi ke Mars, Apa Tujuannya?
Ilustrasi wahana MAVEN di orbit Mars. Kredit: America Science
Info Astronomy - Lembaga Antariksa Amerika Serikat, NASA, sukses meluncurkan pesawat antariksa tak berawak bernama MAVEN (Mars Athmosphre Volatile Evolution) ke Mars pada Selasa, 19 November 2013.

Misi MAVEN adalah memelajari atmosfer Mars untuk mencari tahu mengapa planet merah itu kehilangan kehangatan dan air dalam bentuk cair dari waktu ke waktu.

MAVEN menumpang roket Atlas V401, diluncurkan pada pukul 13.28 waktu setempat atau Selasa (19/11/2013) pukul 01.28 WIB.

"Semua terlihat baik," kata misi kontrol NASA tentang peluncuran pesawat itu. Pesawat dengan biaya perakitan 671 juta dollar AS atau sekitar Rp 7 triliun itu direncanakan menjelajahi permukaan Mars selama 10 bulan.

Roket ini tak akan mendekati wilayah kering Mars tetapi lebih fokus pada misteri atmosfer Mars yang masih minim dipelajari, berbeda dengan misi pesawat antariksa NASA sebelumnya.

Selama menjalankan misi, MAVEN bakal mengelilingi planet merah, pada jarak sekitar 6.000 kilometer di atas permukaan Mars.

Meski demikian, MAVEN akan menjelajahi lima variasi ketinggian dengan rentang sekitar 125 kilometer untuk mendapatkan kumpulan data atmosfer Mars dalam beragam tingkat.

Para peneliti menyebut misi MAVEN sebagai upaya pencarian bagian yang hilang dari teka-teki tentang atmosfer Mars.

Diduga ada peristiwa pada miliaran tahun lalu yang mengubah Mars dari planet dengan air yang memungkinkannya didiami menjadi planet kering berupa gurun tandus sekarang.

"Maven adalah pesawat ruang angkasa pertama yang ditujukan untuk mengeksplorasi dan memahami atmosfer Mars," kata NASA. "Pesawat akan mempelajari bagaimana atmosfer Mars hilang, menentukan sejarah hilangnya air dari Mars."
NASA Sukses Luncurkan Misi ke Mars, Apa Tujuannya? NASA Sukses Luncurkan Misi ke Mars, Apa Tujuannya? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/19/2013 01:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.