Komet ISON Bisa Diamati di Siang Hari

Komet ISON Bisa Diamati di Siang Hari
Komet ISON. Kredit: Ma'rufin Sudibyo
Info Astronomy - Komet ISON masih 'sehat'. Sekarang ini ia akan berhadapan dengan boss tata surya kita, Matahari.

Foto di atas adalah komet ISON pada Kamis 28 November 2013 pukul 05:30 WIB berdasarkan pantauan satelit SOHO (Solar and Heliospheric Observatory) pada instrumen LASCO (Large Scale Coronagraph) C3.

Komet tetap sehat dan sudah demikian terang. Kecerlangannya kini sudah melampaui bintang Antares dan memungkinkannya terlihat di siang hari, meski butuh teknik khusus untuk menyaksikannya.

Teknik khusus tersebut adalah, kita harus memblok cahaya Matahari. Bagaimana caranya?

Pertama, siapkan kertas karton berwarna putih, disarankan karton yang tebal, lalu gunting berbentuk lingkaran. Diameternya 30 cm saja. Yang rapih ya.

Karton berbentuk lingkaran
Kedua, tempelkan karton yang sudah menjadi lingkaran tadi pada kayu panjang. Seperti pada gambar di bawah. Hal ini digunakan untuk memblok sinar Matahari.

Blok sinar Matahari
Setelah terbentuk. Buka aplikasi peta langit Anda. Anda bisa mengunduhnya secara gratis ataupun yang berbayar. Cari letak komet ISON di peta langit, dan mulailah melihat atau memotretnya.

Melihat komet ISON di siang hari
Catatan penting
Cara melihat komet ISON di siang hari ini sangat bagus dilakukan saat cuaca cerah. Komet ISON akan sedikit sulit diamati jika Anda belum pernah melihat komet. Jangan melihat langsung ke Matahari, karena hal tersebut bisa membuat mata Anda rusak bahkan buta permanen.
Komet ISON Bisa Diamati di Siang Hari Komet ISON Bisa Diamati di Siang Hari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/28/2013 02:57:00 PM Rating: 5

1 komentar

  1. terima kasih infonya..Dpt lagi tempat untuk dunia astronomi nih :)

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.