Akan Ada 'Pesta Kembang Api' di Luar Angkasa

Akan Ada 'Pesta Kembang Api' di Luar Angkasa
Komet ISON. Kredit: Damian Peach
Info Astronomy - Sejak berbulan-bulan para pengamat angkasa memperhatikan sebuah komet yang sedang meluncur cepat ke arah Matahari, dan akan terbang dekat sekali ke Matahari pada hari Kamis (28/11) mendatang.

Komet yang diberi nama ISON itu kemungkinan besar akan terbakar dan hancur berkeping-keping ketika mendekati Matahari.

Tapi kata para pakar, ada kemungkinan komet itu akan selamat dari kehancuran dan menghasilkan pertunjukan kembang api yang hebat.

Pertunjukan kembang api tersebut berupa hujan meteor yang berasal dari puing komet (debris) ISON yang dilintasi Bumi. Debris itu akan memasuki atmosfer lalu terbakar menjadi meteor.

Kalau itu yang terjadi, komet ISON bisa dilihat dengan mata biasa sampai bulan Desember dari belahan Bumi bagian utara, termasuk seluruh wilayah Indonesia.

Komet ISON mulai dilacak setahun yang lalu ketika komet itu memasuki bagian dalam sistem tata surya kita untuk pertama kalinya.

Komet ISON setelah di titik terdekat dengan Matahari -- perihelion -- pada 28 November 2013 mendatang akan meluncur ke luar tata surya dan tidak akan kembali lagi.
Akan Ada 'Pesta Kembang Api' di Luar Angkasa Akan Ada 'Pesta Kembang Api' di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 11/27/2013 05:54:00 PM Rating: 5

3 komentar

  1. kalau ison hancur berkeping keping, berarti ga ada komet ison lg dong?

    BalasHapus
  2. bakal sedih ketika melepas pergi ISON. padahal langit di daerah Bandung sedang gak cerah sekarang2.. mudah-mudahan bisa menyaksikan momen langka ini

    BalasHapus

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.