Empat Miliar Tahun Lalu Mars Miliki Air Seperti Bumi

4 Miliar Tahun Lalu Mars Miliki Air Seperti Bumi
Suasana planet Mars 4 miliar tahun yang lalu. Kredit: NASA
Info Astronomy - Empat miliar tahun yang lalu, atmosfer Mars bisa saja kaya akan oksigen dan cukup tebal serta cukup hangat untuk mendukung lautan air cair, material yang penting untuk kehidupan.

Sebuah animasi baru dari NASA Goddard Space Flight Center menunjukkan bagaimana permukaan Mars yang terjadi selama periode clement kuno.

Dalam video animasi (yang ada di bawah) didasarkan pada bukti bahwa Mars dulunya sangat berbeda dan mungkin sangat mirip dengan Bumi.

Musim panas tahun lalu, makalah yang mempelajari komposisi meteorit Mars yang ditemukan di Bumi dan data dari penemu NASA menunjukkan bahwa Mars memiliki atmosfer yang kaya oksigen dalam sejarah awal planet ini.

Para ilmuwan telah lama berpikir bahwa dasar sungai kuno dan apa yang tampak sebagai garis pantai memberikan petunjuk bahwa Mars pernah mendukung lautan air.

Tapi tidak ada banyak indikasi bagaimana Planet Merah kehilangan atmosfer tebalnya, sekitar 3,7 miliar tahun yang lalu.

Di akhir video terlihat satelit MAVEN, satelit yang akan mempelajari atmosfer Mars di orbit Mars.

Satelit ini dijadwalkan sampai di orbit Mars pada September 2014, dan akan menyelidiki bagaimana Mars kehilangan atmosfer.

Empat Miliar Tahun Lalu Mars Miliki Air Seperti Bumi Empat Miliar Tahun Lalu Mars Miliki Air Seperti Bumi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/01/2014 09:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.