Venus di Sore, Mars dan Komet ISON di Langit Pagi

Venus di Sore, Mars dan Komet ISON di Langit Pagi
Letak Venus malam ini (14/10). Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Objek seperti bintang berwarna kuning yang paling cemerlang di langit Barat sore nanti adalah Venus, dan di sebelahnya adalah bintang merah Antares.

Venus dan Antares akan berdekatan di langit pada 16 Oktober 2013, tapi kami menginformasikannya lebih awal ini untuk persiapan Anda mengamatinya.

Venus di Sore, Mars dan Komet ISON di Langit Pagi
ISON, Mars dan Regulus. (15/10). Kredit: Stellarium
Pada keesokan harinya, mulai 3 dinihari, Mars akan berdekatan dengan bintang Regulus.

Mars juga berdekatan dengan Komet ISON. Komet ISON bisa diamati dengan teleskop akhir-akhir ini.

Mengamati benda-benda langit, adalah hal yang menyenangkan. Dengan mengamati seperti ini, status Anda dapat dikatakan astronom amatir. Karena tidak ada istilah 'calon astronom'.

Astronom amatir bisa mengamati dengan 2 cara, tentunya dengan alat bantu atau mata telanjang. Kami rasa banyak yang menggunakan mata telanjang, sebab tidak banyak yang memiliki teleskop. Di samping harganya yang mahal, juga sulit ditemukan di Indonesia.

Venus dan Antares sore hingga malam ini bisa diamati dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Itu karena magnitudo mereka cukup cemerlang untuk mata.

Lain halnya dengan komet ISON, magnitudonya 10, membuat ia tidak bisa diamati dengan mata telanjang di langit sebersih apapun. Semakin kecil magnitudo, semakin cemerlang sebuah objek.

Selamat mengamati!

Ditulis oleh Riza Miftah Muharram
Venus di Sore, Mars dan Komet ISON di Langit Pagi Venus di Sore, Mars dan Komet ISON di Langit Pagi Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/14/2013 03:29:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.