'Melihat' Hujan Meteor Lewat Radio

'Melihat' Hujan Meteor Lewat Radio
Hujan meteor. Kredit: NASA
Info Astronomy - Seperti yang kita tahu, mengamati hujan meteor syarat mutlaknya adalah langit cerah. Namun, bagaimana bila langit mendung?

Umumnya, diketahui bahwa bila langit mendung, manusia takkan bisa melihat hujan meteor. Namun, hujan meteor ternyata bisa 'dilihat' dengan radio. Bagaimana caranya?

Mudah. Langkah pertama adalah mencari frekuensi dari stasiun radio FM tertentu yang bisa ditangkap di tempat lain berjarak 1.000 kilometer, tetapi tidak bisa ditangkap dari tempat Anda.

Tepat saat puncak hujan meteor, setel pada frekuensi tersebut lalu dengarkan baik-baik. Saat meteor datang, Anda akan menyadari ada suara desis. Saat-saat tertentu, mungkin akan ada suara ledakan atau suara seperti peluit ditiup.

Kehadiran meteor bisa ditangkap radio sebab meteor mengionisasi gas saat masuk ke atmosfer, menciptakan jejak ionisasi. Gelombang radio memantulkan jejak itu sehingga bisa ditangkap dalam bentuk bunyi.

Dengan cara ini, kehadiran meteor bisa disadari dengan cara alternatif, bukan dengan melihatnya secara langsung, melainkan dengan mendengarkannya.

Dengan cara ini pula, pengamatan meteor bisa dilakukan di tempat yang nyaman, seperti dari dalam mobil atau teras rumah.

Siap menikmati hujan meteor dan mencoba cara baru dalam "menyaksikannya"?
'Melihat' Hujan Meteor Lewat Radio 'Melihat' Hujan Meteor Lewat Radio Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/21/2014 12:25:00 PM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.