Gerhana Bulan Penumbra Muncul Akhir Pekan Ini

Gerhana Bulan Penumbra Muncul Akhir Pekan Ini
Gerhana Bulan Penumbra. Kredit: David Dickinson
Info Astronomy - Akhir pekan ini (19/10), Bulan Purnama akan melintasi bayangan terang Bumi, atau dalam astronomi disebut penumbra. Maka, terjadilah Gerhana Bulan Penumbra (GBP).

Gerhana Bulan Penumbra akan sedikit sulit dilihat. Bukan karena cuaca, tapi karena memang seperti tidak terjadi gerhana.

Di Indonesia, GBP hanya bisa diamati di Indonesia bagian Barat, itupun sudah pukul 6 pagi saat puncaknya 19 Oktober 2013. GBP akan berlangsung selama 3 jam 59 menit, dan menutupi 76,5% piringan Bulan.

Berikut detik-detik terjadinya GBP:
4:50 WIB: Kontak pertama Bulan dengan penumbra Bumi
6:51 WIB: Puncak GBP
8:49 WIB: Gerhana berakhir

Gerhana Bulan Penumbra Muncul Akhir Pekan Ini
Grafik GBP 19 Oktober 2013. Kredit: NASA
Pada grafik dari NASA di atas, terlihat titik GBP adalah di Ghana, Afrika Barat. Wilayah abu-abu adalah wilayah yang tidak dapat melihat GBP ini.

GBP ini bisa diamati dengan mata telanjang, namun Anda harus jelih membedakannya. Jika dengan teleskop, Anda akan lebih mudah melihat bahkan bisa mengabadikan GBP ini.

Jika tidak menemukan Bulan saat puncak gerhana:
Di Indonesia Timur: Bulan sudah tenggelam 2 jam yang lalu.
Di Indonesia Tengan: Bulan sudah tenggelam 1 jam yang lalu.
Di Indonesia Barat: Bulan baru saja tenggelam.

Semoga bisa berkesempatan mengamatinya!
Gerhana Bulan Penumbra Muncul Akhir Pekan Ini Gerhana Bulan Penumbra Muncul Akhir Pekan Ini Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/15/2013 08:51:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.