Cantiknya Galaksi 'Mawar Putih' di Luar Angkasa

Cantiknya Galaksi 'Mawar Putih' di Luar Angkasa
Galaksi 'Mawar Putih'. Kredit: NASA
Info Astronomy - PGC 6240 adalah sebuah galaksi elips yang menyerupai mawar pucat di langit, dengan cangkang kabur yang mengelilingi inti pusatnya yang sangat cerah.

Beberapa cangkang ini berada dekat dengan pusat galaksi sementara yang lain terlempar jauh ke luar angkasa. Beberapa gumpalan material terlempar sangat jauhsehingga mereka tampak hampir terlepas dari galaksi.

Para astronom telah mempelajari PGC 6240 secara rinci karena strukturnya, dan juga karena gugus bola padat di sekitarnya. Lebih 150 gugus bola mengorbit Bima Sakti kita yang semuanya terdiri dari bintang tua.

Semua gugus bola yang ada disekitar galaksi terbentuk pada waktu bersamaan, sehingga mereka semua berusia sama.

Karena itu, sebagian besar galaksi memiliki usia populasi kluster cukup mirip, baik dari segi kluster secara keseluruhan ataupun usia bintang individu yang ada dalam kluster tersebut.

Namun, PGC 6240 memiliki kluster bintang yang bervariasi, beberapa kluster mengandung bintang tua seperti yang diperkirakan sebelumnya tetapi yang lain mengandung bintang muda yang terbentuk baru-baru ini.

Penjelasan yang paling mungkin untuk kedua tumpukan struktur cangkang galaksi dangugus bintang muda yang tak terduga ini adalah PGC 6240 pernah bergabung dengan galaksi lain di masa lalu.

Penggabungan tersebut menimbulkan riak yang melewati galaksi dan mengganggu struktur galaksi yang membentuk material cangkang konsentris yang sekarang ini terlihat.

Riak ini juga memicu ledakan kuat pembentukan formasi bintang di galaksi, yang kemudian akan memicu kegiatan serupa dalam ruang terdekat -- yang mengarah pada penciptaan gugus bola baru yang lebih muda di sekitar PGC 6240.

PGC 6240 adalah sebuah galaksi elips di konstelasi selatan Hydrus. Galaksi ini berjarak sekitar 350 juta tahun cahaya dari Bumi.

Oleh Sigit Prihatin, Astronesia
Disunting seperlunya oleh Annisa Rahma
Cantiknya Galaksi 'Mawar Putih' di Luar Angkasa Cantiknya Galaksi 'Mawar Putih' di Luar Angkasa Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/12/2013 04:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.