Ada 'Lembah Api' yang Spektakuler di Matahari

Ada 'Lembah Api' yang Spektakuler di Matahari
Citra 'lembah api' di Matahari. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pengamatan NASA menunjukan, ketika 320.000 kilometer filamen materi merobek Matahari bulan lalu, membentuk apa yang disebut 'Lembah Api' di permukaan Matahari.

Para peneliti di Goddard Space Flight Center di Greenbelt, AS membuat video yang berdasarkan pada pengamatan NASA menggunakan wahaya Solar Dynamic Observatory (SDO) pada 28 Oktober 2013.

Matahari yang terbentuk dari plasma, yang merupakan kumpulan partikel bermuatan yang terbentuk ketika atom gas menjadi begitu panas dan akhirnya melepaskan elektron.

Pergerakan partikel bermuatan ini menciptakan medan magnet yang kuat, yang menimbulkan lontaran dan letusan api di permukaan Matahari.

Menurut NASA, terbentuknya fitur mirip lembah di Matahari ini adalah yang menyalurkan plasma di mana medan magnet juga ada di sana. Dan akhirnya, dari lembah itu tercipta ledakan angin surya.

NASA juga menjelaskan dengan mempelajari 'lembah api' di Matahari ini bisa didapatkan data suhu lembah tersebut mencapai 1 juta derajat Celcius.
Ada 'Lembah Api' yang Spektakuler di Matahari Ada 'Lembah Api' yang Spektakuler di Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/29/2013 06:43:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.