10 Fakta Menarik Tentang Astronot

10 Fakta Menarik Tentang Astronot
Astronot spacewalk. Kredit: NASA
Info Astronomy - Ketika kecil, mungkin sebagian dari Anda ada yang bercita-cita ingin menjadi astronot. Biasanya, niatan awal ingin menjadi astronot karena ingin pergi ke luar angkasa.

Banyak hal menarik lain yang dimiliki penjelajah spesialis luar angkasa ini. Berikut 10 fakta menarik tentang astronot:

1. Astronot atau Kosmonot?
Nama astronot mungkin jadi istilah yang paling Anda dengar untuk menyebut seseorang yang bekerja di pesawat antariksa, dan terbang ke luar angkasa.

Namun, jangan bingung jika mendengar istilah kosmonot. Ini adalah nama lain dari astronot yang biasa digunakan di Rusia atau negara pecahan Uni Soviet lainnya.

2. Calon astronot harus terbang 1.000 jam
Ternyata, menjadi astronot tidaklah mudah. Sebelumnya, pilot pesawat antariksa harus memenuhi syarat telah terbang selama 1.000 jam sebagai pilot jet.

3. Tinggi minimal 147 cm
Tak selesai sampai di situ, seseorang yang akan jadi astronot juga harus memiliki tinggi minimal 147 cm. Barulah jika syarat tersebut dipenuhi, dia bisa mengemban misi luar angkasa sebagai astronot.

4. Tubuh astronot bertambah tinggi saat di luar angkasa
Seorang astronot ternyata bisa mengalami pertumbuhan tinggi sementara saat berada di luar angkasa. Penambahan tinggi ini maksimal mencapai 5 cm.

Karena gravitasi yang lebih kecil dibanding di Bumi, tulang belakang mereka mengalami peregangan yang menyebabkan penambahan tinggi.

5. Astronot bisa saja berada di luar angkasa untuk waktu yang lama
Sangat memungkinkan seorang astronot tinggal di luar angkasa dalam jangka waktu yang lama, bahkan sampai tahunan. Seorang astronot tercatat paling lama pernah tinggal di luar angkasa adalah 2 tahun 73 hari.

6. Menggunakan pakaian khusus
Selama di luar angkasa, seorang astronot sangat tidak mungkin bernafas normal. Untuk itu, mereka mengenakan pakaian khusus yang dilengkapi dengan oksigen.

Dengan menggunakan pakaian tersebut, astronot baru bisa bekerja di luar pesawat. Tapi untuk di dalam stasiun luar angkasa, mereka cukup mengenakan pakaian seperti di Bumi saja.

7. Cara buang air kecil
Astronot ternyata bisa buang air kecil sambil mengenakan pakaian antariksa di luar pesawat. Mereka akan mengenakan pakaian dengan tingkat serap maksimum (MAG) yang bisa menampung cairan hingga 2 liter.

8. Tidur dengan sabuk pengaman
Seorang astronot biasanya tidur di tempat tidur atau sleeping bag. Namun, di ranjang mereka biasanya selalu tersedia sabuk pengaman yang harus selalu dikenakan ketika tidur. Tujuannya agak mereka tidak melayang di dalam pesawat ketika tidur. Seru, ya?

9. Astronot bisa memilih 70 jenis makanan
Agar tidak bosan selama bertugas di luar angkasa, seorang astronot bisa memilih 70 jenis makanan yang berbeda. Makanan ini telah dikemas bersamaan dan terbang bersama mereka.

Biasanya, mereka akan memilih untuk membawa brownies, daging, pasta, buah atau minuman ringan.
Karena sayuran dan buah bisa cepat rusak, maka para astronot harus segera menyantapnya atau dikeringkan agar bisa bertahan lebih lama.

Lucunya, ketika makan, santapan mereka bisa saja melayang di sekitar karena tidak ada gravitasi.

10. Tidak boleh membawa roti
Beberapa makanan dilarang untuk dibawa selama misi luar angkasa. Salah satunya adalah roti dan makanan lain yang memiliki remah-remah.

Alasannya, remah-remah makanan tersebut bisa terhirup ketika bernafas, masuk ke mata atau merusak peralatan. Kalau mau karbohidrat, mereka makan tortilla.
10 Fakta Menarik Tentang Astronot 10 Fakta Menarik Tentang Astronot Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/15/2013 05:38:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.