Westerlund 1 BKS AS: Bintang Terbesar di Alam Semesta

Westerlund 1 BKS AS: Bintang Terbesar di Alam Semesta
Ilustrasi diameter perbandingan Westerlund 1 BKS AS, NML Cygni dan Matahari. Kredit: Penulis, Info Astronomy
Info Astronomy - Setelah bintang terbesar di alam semesta sebelumnya -- NML Cygni -- dikalahkan oleh bintang Westerlund 1 BKS AS, mari kita lihat seberapa besar ia.

Menurut data yang Info Astronomy kumpulkan, diameter bintang Westerlund 1 BKS AS adalah 3,54 miliar kilometer. Dibandingkan dengan Matahari yang hanya berdiameter 1,3 juta kilometer.

Seperti pada ilustrasi di atas, Matahari hanya nampak titik kuning saja. Jika Matahari saja sebesar itu, bagaimana dengan Bumi? Bagaimana denganmu? Tak ada apa-apanya.

Bintang Westerlund 1 BKS AS terletak di rasi bintang Ara, 16.000 tahun cahaya dari Bumi. Begitu jauh sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang di langit malam.

Ads by Info Astronomy
Dengan besarnya diameter bintang Westerlund 1 BKS AS, Matahari menjadi 16,64 miliar kali lebih kecil dibanding dengannya. Bisakah Anda membayangkan?

Sejak penemuannya, Westerlund 1 BKS AS telah dikenal sebagai sumber radio yang kuat. Ini adalah bintang yang sangat besar dan yang juga aktif di gugus bintang Westerlund 1.

Sifat fisiknya belum dipahami dengan baik, karena punahnya antarbintang dalam cluster. Emisi radionya yang kuat mengarah ke perkiraan yang berbeda-beda.

Westerlund 1 BKS AS saat ini bintang terbesar yang diketahui dalam Galaksi Bima Sakti, dan di alam semesta.
Westerlund 1 BKS AS: Bintang Terbesar di Alam Semesta Westerlund 1 BKS AS: Bintang Terbesar di Alam Semesta Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/14/2013 10:25:00 AM Rating: 5

1 komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.