Seperti Inilah Matahari di Akhir Masa Hidupnya

Seperti Inilah Matahari di Akhir Masa Hidupnya
HD 184738.Kredit: NASA
Info Astronomy - Lebih kurang 5 miliar tahun lagi, atau menjelang akhir usianya, Matahari akan kehilangan bahan bakarnya.

Bintang induk Tata Surya itu akan "membengkak" hingga lapisan luarnya mengembang, berubah menjadi apa yang disebut dengan bintang raksasa merah.

Proses terus berlanjut hingga akhirnya Matahari kehilangan seluruh materialnya dan planet-planet seperti Merkurius, Venus, dan Bumi tertelan.

Pada akhirnya, Matahari nantinya hanya akan berupa inti bintang yang kecil dan mampat, diistilahkan dengan bintang katai putih.

Seperti apa wajah Matahari 5 miliar tahun lagi?

Citra dari teleskop antariksa Hubble menyuguhkan gambarannya. Citra itu, seperti digambarkan di atas, menunjukkan bintang HD 184738 yang terletak di nebula planeter di konstelasi Cygnus.

HD 184738 kini tengah mengalami tahap perubahan menjadi bintang raksasa merah dengan lapisan luarnya yang mengembang. Cahaya merah dan jingga yang ditunjukkan pada foto merepresentasikan gas hidrogen dan nitrogen.

Wajah Matahari menjelang akhir usianya nanti akan seperti HD 184738. Sebenarnya, HD 184738 adalah bintang yang berbeda dengan Matahari.

Bintang ini termasuk bintang golongan Wolf Rayet, 20 kali lebih masif dari Matahari. Nama golongan bintang diambil dari nama astronom Perancis, Charles Wolf dan Georges Rayet.

HD 184738 sangat terang dalam pengamatan dengan inframerah dan tampak dikelilingi oleh debu yang serupa dengan debu pembentuk Bumi. Sampai kini, asal-usul debu itu belum diketahui.

Citra ini dirilis oleh tim Hubble dan European Space Sgency (ESA) di situs spacetelescope.org pada 18 September 2013 lalu.
Seperti Inilah Matahari di Akhir Masa Hidupnya Seperti Inilah Matahari di Akhir Masa Hidupnya Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/24/2013 04:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.