NASA Adakan Kompetisi Penjelajahan Planet Mars

NASA JPL
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (AS) secara resmi membuka kompetisi bagi para komunitas pecinta penjelajahan luar angkasa untuk merancang alat yang akan digunakan mengeksplorasi planet Mars.

Instrumen tersebut akan dimasukkan dalam robot penjelajah yang akan dikirim ke planet tetangga Bumi itu pada Juli atau Agustus 2020 mendatang.

Robot itu nantinya akan mengeksplorasi dan mengumpulkan data mengenai potensi Mars menampung kehidupan, mencari kehidupan masa lampau, dan menunjukkan teknologi yang bisa digunakan manusia untuk menjelajahi Mars.

Kompetisi ini sendiri bernama Mars 2020 Mission Investigations Annoucement of Opportunity (AO). Nantinya, biaya pengembangan dari instrumen pemenang akan dibiayai oleh NASA.

Instrumen itu sendiri nantinya bakal ditempatkan di rover mirip Curiosity -- robot yang mendarat di Mars pada 2012 lalu dan berhasil mengumpulkan beberapa data penting.

Desain yang sama akan membantu mengurangi biaya dan waktu hingga menghasilkan robot yang efektif.

Perbedaan misi Mars 2020

Pada Januari 2013, NASA menunjuk tim Science Definition untuk menjabarkan tujuan misi Mars 2020.

Dalam paparannya, mereka mengajukan konsep misi dengan target tinggi dan berharap bisa memenuhi tantangan Presiden Barack Obama mengirim manusia ke Mars pada tahun 2030.

"Sains yang ditampilkan oleh instrumen rover ini akan mengubah pengetahuan kita akan Mars dan menyediakan konteks yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bijak membawa kembali sampel yang ada ke Bumi," kata Jim Green, Direktur Planetary Science Division NASA.

Lebih lanjut mengenai kompetisi ini bisa Anda simak di solicitation.nasaprs.com/Mars2020.

Referensi: Phys.org, Zika Zakiya (NGI)