Lihat Fomalhaut di Langit, Bintang Kesepian

Letak bintang Fomalhaut di langit malam. Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Apa nama bintang yang 'kesepian' di langit Bumi? Kebanyakan orang akan mengatakan jawabannya adalah Fomalhaut, bintang terang di konstelasi Piscis Austrinus alias ikan Selatan.

Tapi sebelum mencari bintang ini, Anda mungkin ingin mencari planet Venus dan Saturnus di barat saat senja hingga malam. Daerah tropis seperti Indonesia juga mampu menemukan Merkurius dan Spica di langit senja.

Tapi kembali ke Fomalhaut. Fomalhaut adalah bintang putih terang. Bintang ini bersinar dekat cakrawala selatan sampai setelah tengah malam pada malam-malam awal musim gugur.

Fomalhaut mencapai titik tertinggi pada malam hari di langit selatan di sekitar 23:00 waktu setempat. Fomalhaut tenggelam di barat daya pada sekitar 02:30 waktu setempat.

Fomalhaut kadang-kadang disebut bintang kesepian karena ia adalah bintang paling terang di bagian langit yang kosong yang tampak dari Bumi.

Hal ini juga kadang-kadang disebut Lonely One, atau Solitary One, atau kadang-kadang Autumn Star. Tergantung pada daftar yang Anda percaya, Fomalhaut adalah bintang paling cemerlang ke-18 di langit.

Dalam Bahasa Arab, nama bintang Fomalhaut berarti mulut ikan atau paus. Konstelasinya, Piscis Austrinus, merupakan ikan Selatan.

Selain menjadi salah satu bintang terang di langit malam, Fomalhaut memiliki daya tarik untuk astronom profesional. Dalam beberapa tahun terakhir, bintang ini telah ditemukan memiliki piringan protoplanet.

Hal tersebut adalah cincin debu yang mengelilingi Fomalhaut dan bintang pendamping dalam satu tahun cahaya. Cincin debu ini mengelilingi bintang, cincin debu tersebut suatu hari nanti bisa membentuk menjadi planet.

Selamat mengamati bintang kesepian!